Logo Lintasterkini

Pelatihan “Mandiri Edukasi” Pengembangan Sekolah Rintisan Berkarakter

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 22 November 2020 12:27

Program “Mandiri Edukasi” yang merupakan Program Rintisan Sekolah Berkarakter
Program “Mandiri Edukasi” yang merupakan Program Rintisan Sekolah Berkarakter

PANGKEP – Penguatan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dimasa pandemi mengalami perubahan yang sangat signifikan. Karena proses belajar mengajar di sekolah harus dihentikan dan digantikan dengan konsep PJJ (Pembelajaran jarak jauh) yang masih sangat jauh dari ideal karena infrastruktur yang tidak memadai serta belum meratanya kualitas guru dalam memfasilitasi konsep pembelajaran jarak jauh.

Menjawab tantangan ini PT. Bank Mandiri Tbk. menyelenggarakan Program “Mandiri Edukasi” yang merupakan Program Rintisan Sekolah Berkarakter bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan implementasi penguatan pendidikan karakter yang terintegrasi. Baik melalui tata kelola sekolah maupun proses pembelajaran dimasa pandemi di 15 kabupaten/kota dengan sasaran 21 sekolah negeri se-Indonesia. Program ini berlangsung selama 1 tahun dengan pelaksanaan 2 tahap pelatihan dan pendampingan.

Untuk Sulawesi Selatan terpilih 2 sekolah yaitu SD Negeri 3 Sambungjawa, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep dan SD Negeri 13 Alu 1, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Janeponto. Pada pelatihan tahap pertama di awali launching program sekaligus penyerahan bantuan TIK sebagai pendukung pembelajaran dan APD (Alat Pelindung Diri) untuk kesiapan new normal kepada sekolah penerima manfaat.

Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari dimulai pada Kamis, 19 November 2020 sampai dengan Sabtu, 21 November 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan dari PT. Bank Mandiri serta Dinas Pendidikan Kabupaten setempat dan diikuti oleh 20 orang peserta di masing-masing lokasi sekolah penerima manfaat yang terdiri dari kepala sekolah, guru, guru undangan dan pengawas.

Pada tahap pertama pelatihan ini berfokus kepada 3 hal yaitu, perancangan dan pembuatan Visi, Misi, dan Program Sekolah Berkarakter, perancangan dan implementasi pembelajaran kontekstual dengan model pembelajaran proyek untuk pembelajaran dari rumah bermakna, pembelajaran online dengan menggunakan LMS Kelase untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kegiatan pelatihan di SDN 3 Sambung Jawa, Kabupaten Pangkep

“Program Mandiri Edukasi ini merupakan program yang digagas oleh PT. Bank Mandiri Pusat untuk meningkatkan SDM Pendidikan dan peran serta orangtua siswa dalam meningkatkan pendidikan karakter di sekolah, serta dalam pelatihan memberikan bekal bagi para guru dalam merancang pembelajaran jarak jauh dengan model pembelajaran proyek yang bermakna dan berdaptasi terutama di masa pandemi yang masih berlangsung saat ini,” tutur Indrayani selaku perwakilan Bank Mandiri saat memberikan sambutan pada pembukaan di gedung pertemuan SDN 3 Sambungjawa, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep diwakili oleh Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Rukmini, S.Pd., M.Pd mengapresiasi pelatihan Mandiri Edukasi yang digagas oleh PT. Bank Mandiri Tbk. “Pada masa pandemi Covid-19 ini, keselamatan dan kesehatan siswa (peserta didik) harus tetap diperhatikan. Siswa harus tetap belajar dari rumah, oleh karena itu dengan pendampingan yang dilakukan oleh Bank Mandiri melalui program Mandiri edukasi ini, diharapkan dapat menjadi modal bagi guru untuk memberikan pembelajaran jarak jauh yang bermakna,” imbuh Rukmini. (*)

Penulis : Azho

 Komentar

 Terbaru

Bersama Melawan Covid-1928 Januari 2022 12:10
Stock Booster di Makassar Capai 14.830 dosis
MAKASSAR – Stock vaksin booster di Kota Makassar saat ini mencapai 14.830 dosis. Masyarakat dapat memperolehnya di 83 titik layanan vaksinasi Co...
News27 Januari 2022 19:39
PD Parkir Makassar Jalin Kerjasama PDAM Kelola Perparkiran
MAKASSAR – PD Parkir Makassar Raya menjalin kerjasama dengan Perusda PDAM Makassar untuk mengelola perparkiran pada kawasan unit kerja mereka. P...
News27 Januari 2022 09:29
Demo depan Eks Pabrik Patun Makateks, Mahasiswa Saling Dorong dengan Warga
Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pemerhati Rakyat Sulsel, terlibat saling dorong dengan warga di pintu masuk halaman eks pabri...
Hukum & Kriminal27 Januari 2022 09:18
Cari Pembuat Surat Kematian Palsu, Allung Padang Buat Seyembara Hadiah Ratusan Juta
Tidak hanya mendesak penyidik Polres Palopo mengungkap pembuat surat palsu itu, ia juga membuat sayembara kepada masyarakat yang dapat mengungkap dan ...