Logo Lintasterkini

Gelar Ekspedisi Rupiah, Bank Indonesia dan Lantamal VI Makassar Distribusikan Uang Baru

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 23 September 2022 07:23

Gelar Ekspedisi Rupiah, Bank Indonesia dan Lantamal VI Makassar Distribusikan Uang Baru
Gelar Ekspedisi Rupiah, Bank Indonesia dan Lantamal VI Makassar Distribusikan Uang Baru

MAKASSARBank Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut menggelar pelepasan ekspedisi rupiah berdaulat tahun 2022. Kegiatan digelar di Markas Komando Lantamal VI Makassar, di Jalan Yos Sudarso, Makassar, Kamis, (22/9/2022).

Ekspedisi rupiah itu berlangsung selama sepekan atau 7 hari. Kegiatan menyisir 21 Pulau di Sulawesi Selatan dengan menggunakan Kapal KM Sampari 268.

Kepala BI Sulsel, Causa Iman Karana mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk program Bank BI. Yakni rangka dalam mengenalkan uang baru ke daerah Terpencil, Tertinggal dan Terpelosok yang sering dikenal 3T.

“Ini salah satu cara kami memastikan uang beredar diseluruh NKRI, sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan kondisi kwalitas uang,” kata Causa Iman Karana.

“Rupiah merupakan bukan untuk transaksi tapi juga identitas bangsa,” tambahnya lagi.

Kegiatan tidak hanya menyebarkan uang hingga ke pelosok pulau. Dilakukan juga edukasi dan penyaluran Bansos berupa sarana dan prasarana hingga pengecekan kesehatan dari Basnas.

Pulau Sarrapo Lompo, Pulau Kapoposang, Pulau Bonerate, Pulau Jampea, Pulau Rajuni dan Pulau Pasi Gusung.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI Kolonel Marinir Amir Kasman mengatakan, pihaknya siap mengawal penyaluran uang baru tersebut ke wilayah pelosok.

“Kerjasama ini merupakan kehormatan untuk mendukung mengamanan pendistribusian uang rupiah hingga ke daerah 3T,” ucapnya.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini sesuai harapan kita bersama. Kepada komandan kapal dan saya ucapkan selamat berlayar. Perhatian kesehatan dan keselamatan, perhatian kondisi cuaca,” harapnya.

Kepala Biro Kesejahteraan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Suherman mengatakan, mengikutsertakan Baznas Provinsi dalam melakukan pemeriksaan kesehatan. Khususnya kepada warga di kepulauan.

“Pemprov ikut dalam ekspedisi melalui Baznas Sulsel. Selamaki, Tapada Salama,” tutupnya. (*)

Penulis : Azho

 Komentar

 Terbaru

News25 September 2022 20:04
Yasir Machmud: Anggaran KONI Sulsel Sesuai Peruntukannya
MAKASSAR – Sebanyak Rp 5 Milyar anggaran KONI Sulsel untuk tahun 2022 yang dipertanyakan oleh anggota DPRD Sulsel, ditanggapi oleh Yasir Machmud...
Hukum & Kriminal25 September 2022 17:12
Bekuk Pengedar Narkoba Asal Sidrap, Polisi Nyamar Jadi Pembeli
SIDRAP – Aparat kepolisian berhasil menangkap seorang pengedar narkoba asal Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), berinisial AM alias Bidin (52). P...
Wisata dan Budaya25 September 2022 16:39
Sunset Keren di Pantai Indah Bosowa yang Eksotik
MAKASSAR – Pantai Indah Bosowa selalu memberikan keindahan yang eksotik. Apalagi pada sore hari kalian bisa sunset keren di tempat ini. Suasana ...
News25 September 2022 13:29
Satpolair Polres Bontang Amankan Pria Asal Barru Serta 30 Kg Daging Penyu
BONTANG – Aparat Satpolair Polres Bontang menangkap pelaku perburuan penyu dilindungi berinisial R (50), Jumat (23/9/2022). Dari tangan pria asa...