Kebakaran di Barawaja Telan Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Kebakaran di Barawaja Telan Kerugian Ratusan Juta Rupiah

MAKASSAR – Sebanyak dua unit rumah dan lima sepeda motor ludes terbakar, Minggu, (23/10/2016). Kebakaran itu terjadi di Kampung Barawaja Barat, RT A/RW 08, Kelurahan Pampang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar sekira pukul 03.00 Wita.

Dua unit rumah yang terbakar dilahap si jago merah itu adalah milik Muh Ali (40) dan Hj Nahari (53). Kedua korban yang rumahnya ludes menjadi puing-puing akibat kebakaran sore itu merupakan warga Jalan Barawaja Barat nomor 28 Kelurahan Pampang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar.

Menurut keterangan pemilik rumah yang terbakar, bahwa sekira jam 03.00 Wita dirinya terjaga dari tidur. Ia melihat asap masuk ke dalam rumahnya, sehingga dirinya mengecek sumber asap tersebut.

Saksi ini melihat sumber asap yang mengepul dari lantai satu rumah Hj Nahari. sejumlah barang yang terbakar di rumah milik korban Muh Ali yakni perabot rumah-tangga dan dua unit sepeda motor masing-masing merk Honda Beat dan Suzuki Thunder.

Menurut keterangan salah satu korban, Hj Nahari, ia pun ikut terbangun karena mendengar teriakan dari korban lainnya. Pada saat bersamaan dengan teriakan yang ia dengar, dirinya sudah melihat api sudah menjalar naik ke rumahnya di lantai dua.

Adapun barang milik Hj Nahari yang ikut terbakar antara lain tiga unit sepeda motor Honda Supra X, beras sekitar 4 ton, tiga unit mesin pemarutan kelapa dan penggilingan kopi, 2 unit TV ukuran 32 inch dan perabot rumah tangga lainnya.

Tidak lama setelah api mulai berkobar, petugas pemadam kebakaran (damkar) tiba di lokasi. Sekira pukul 04.00 Wita api dapat dipadamkan dengan menurunkan 4 unit damkar.

Meski tidak menelan korban jiwa, namun akibat kejadian tersebut kerugian yang dialami kedua korban diperkirakan sekitar Rp150 juta. Dugaan sementara penyebab api bersumber dari korsleting listrik. Musibah kebakaran ini masih dalam penyelidikan pihak aparat Polsek Panakkukang. (*)