Logo Lintasterkini

Hari Ini, Jokowi Lantik 6 Menteri Baru

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Rabu, 23 Desember 2020 13:13

Hari Ini, Jokowi Lantik 6 Menteri Baru

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokow) untuk pertama kalinya di periode keduanya ini melakukan perombakan kabinet. Selain mengisi jabatan menteri yang tersandung dugaan kasus korupsi, Jokowi juga mengorbitkan beberapa nama Wakil Menteri untu diangkat mengis jabatan menteri baru dalam kabinet Indonesia Maju.

Pagi ini, Rabu (23/12/2020) Presiden Jokowi melantik pos menteri, wakil menteri dan pejabat setingkat kepala badan. Diantara beberapa nama yang diangkat sebagai menteri baru yakni Tri Rismaharini.

Wali Kota Surabaya itu diberi mandat sebagai Menteri Sosial. Dia menggantikan Juliari Batubara, yang saat ini tengah menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Nama lainnya, terdapat Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Mantan rivalnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu ini diangkat Jokowi untuk menggantikan posisi Wishnutama Kusubandio.

Lalu, ada nama Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan. Dia sebelumnya menjabat Wakil Menteri BUMN dan menggantikan posisi Terawan Agus Putranto.

Jokowi juga melantik Yaqut Cholil Quomas atau lebih dikenal sebagai Gus Yaqut sebagai Menteri Agama. Ketua Banser NU ini menggantikan posisi Fachrul Razi.

Menteri baru lainnya yakni Wahyu Sakti Trenggono. Dia diangkat untuk menggantikan posisi Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KP).

[NEXT]

Selain melantik 6 Menteri baru dalam abinetnya, Presiden Joko Widodo juga melantik enam Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju. Sejumlah nama baru wakil menteri (Wamen) yang turut dilantik adalah Pahala Mansyuri sebagai Wakil Menteri BUMN menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk Jokowi jadi Menteri Kesehatan.

Lalu, Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan menggantikan Sakti Wahyu Trenggono yang diangkat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Selain itu, nama Wamen lainnya yakniEdward Komar Syarief, Dante Saksono Harbuwono dan Harfiq Hasnul Qalbi

Selain melantik enam menteri dan enam wakil menteri, Presiden Joko Widodo juga melantik Kepala Badan (Kaban). Mereka yang ikut dilantik Irjen Petrus Reinhard Golose sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional. Dan terakhir ada nama Hartono Prawiraatmadja yang dilantik sebagai Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove. (*)

 

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal29 Juli 2021 16:01
Saksi Sebut NA Tak Terlibat di Bantuan Dana CSR Masjid
"Selesai peletakan batu pertama, Saya makan siang bersama. Pak Petrus sampaikan bahwa dia sumbangkan Rp100 juta untuk masjid, Saya spontan bilang saya...
News29 Juli 2021 13:54
Gerakan Peduli PKL, Ditlantas Polda Sulsel Borong Dagangan dengan Harga 10 Kali Lipat
Aksi kepedulian ini di motori Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel AKBP M Yusuf Usman setelah mendapat instruksi langsung dari Dirlantas Polda Sul...
News29 Juli 2021 11:28
Mantap! Rahmat Erwin Abdullah Lifter Asal Makassar Ukir Rekor di Olimpiade Tokyo 2020
TOKYO– Lifter Indonesia asal Makassar, Rahmat Erwin Abdullah menorehkan pencapaian yang membanggakan, ia berhasil mengukir rekor di Olimpiade To...
News28 Juli 2021 23:39
Fadel Muhammad Tauphan Mantapkan Niat Jadi Ketua HIPMI Makassar
"Jabatan ketua bukanlah satu-satunya alasan saya maju di bursa pemilihan ini. Akan tetapi, ini jalan kami untuk berjuang menuangkan ide dan gagasan ka...