Logo Lintasterkini

Ternyata Google Maps Bisa Lacak Handphone Anda yang Hilang Lho, Begini Caranya!

Supriadi Lintas Terkini
Supriadi Lintas Terkini

Jumat, 24 Januari 2020 10:48

Aplikasi Goggle Maps (Foto: Lintasterkini)
Aplikasi Goggle Maps (Foto: Lintasterkini)

Umumnya, layanan peta digital aplikasi Google Maps digunakan sebagai peta dan penunjuk arah jalan. Selain itu, Google Maps juga bisa digunakan untuk mengetahui jadwal bus atau transportasi umum lainnya.

Namun, tahukah anda ternyata Layanan peta digital Google Maps juga bisa melacak ponsel seseorang yang hilang. Tetapi sebelumnya, alangkah lebih baik pengguna Android maupun iOS, jika ponselnya hilang maka mereka memiliki fitur khusus untuk mencari dan menemukan ponsel tersebut.

Pada Android memakai fitur Find Your Phone, sedang iOS atau iPhone, terdapat fitur Find My Phone. Melansir dari situs Gadget Snow melalui Viva news.com, Jumat (24/1/2020) bahwa sebenarnya ada cara lain untuk menemukan ponsel anda yang hilang, yakni dengan memanfaatkan Google Maps untuk melakukan pelacakan lokasi di mana ponsel terakhir berada.

Adapun syarat yang bisa anda gunakan pada Google Maps adalah pengguna harus memiliki ponsel lain atau PC yang sudah terkoneksi dengan internet. Anda juga harus tahu ID Google serta kata sandi yang terdapat di ponsel yang hilang.

Langkah-langkah penggunaannya yaitu buka terlebih dahulu alamat website www.maps.google.co.id, kemudian login menggunakan Akun Google yang sudah ditautkan ke ponsel. Lalu klik atau ketuk ikon garis tiga horizontal di sudut kanan atas.

Kemudian, pilih ‘Your timeline’, dan di menu ini pengguna harus memasukkan tahun, bulan dan hari, yang berhubungan dengan saat hilangnya ponsel. Selanjutnya, platform akan membuka peta digital sesuai dengan riwayat lokasi di ponsel.

Namun perlu juga Anda ketahui agar fitur ini bisa berfungsi dengan seharusnya, alangkah baiknya ponsel maupun layanan lokasi atau GPS di perangkat pun harus tetap aktif.

Diketahui, pplikasi Google Maps tak hanya dapat memberikan informasi tentang lokasi apa saja yang dekat dengan lokasi tujuan namun ada berbagai fungsi dibalik aplikasi layanan peta digital ini. Nah, Inilah mengapa banyak orang memilih Google Maps untuk menemani perjalanannya.

Namun, perlu juga Anda ketahui bahwa belum semua orang mengetahui 7 fitur yang dihadirkan ooleh layanan peta digital Google Maps lho! Apa saja itu yuks simak ulasan yang dilansir dari Vivanews.com, berikut ini:

1. Ada Info Titik Kemacetan

Dengan adanya Google Maps, Anda juga akan lebih mudah mengetahui tingkat kemacetan suatu area ketika hendak melakukan perjalanan. Kemacetan, biasanya ditandai dengan warna merah.

Informasi ini tentu saja sangat berguna, sehingga Anda dapat mengetahui perkiraan waktu sampainya Anda di lokasi tujuan. Anda juga dapat melihat alternatif perjalanan lain (jika tersedia) untuk meminimalisir atau menghindari kemacetan.

2. Bisa Menunjukkan Keadaan Tempat Tujuan

Dengan Google Maps, yang dapat Anda manfaatkan adalah mengetahui keadaan tempat tujuan. Berkunjung ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya tentu akan lebih menyenangkan.

Sebab, Google Maps memberikan gambar suasana lokasi tujuan. Mulai dari tempat, susunan kursi, makanan yang disajikan, dan lainnya. Adanya fitur ini, tentu saja membuat Anda dapat menentukan pilihan dengan mudah. Ingin tetap berkunjung atau memilih tempat lainnya.

3. Bisa Menyimpan Lokasi Favorit

Ini dia fitur spesial yang ditawarkan oleh Google Maps yang menguntungkan. Mulai dari sekarang, Anda dapat menyimpan lokasi favorit yang sering dikunjungi.

Anda juga dapat membagikan lokasi tersebut kepada teman. Fitur favorit, nantinya akan diberikan tanda bintang di bagian sebelah kiri, lalu klik ditandai. Ketika Anda ingin mengunjungi lokasi yang sama untuk kedua kalinya, Anda tidak perlu mengetik nama lokasi lagi.

Cukup menekan simbol favorit, maka semua lokasi akan ditampilkan. Dan, Anda dengan mudah untuk memilih mau ke mana lokasi yang dituju. Mudah, kan?

4. Fasilitas Peta ‘Offline’

Ketika melakukan perjalanan, Anda tidak pernah tahu apakah lokasi tersebut sinyalnya bagus atau tidak. Untuk jaga-jaga, Google Maps juga menyediakan fasilitas pet offline.

Ketika Anda kehilangan sinyal secara tiba-tiba, Anda masih dapat diarahkan oleh peta untuk mencapai lokasi tujuan. Namun, Anda perlu mengunduh aplikasi peta offline terlebih dahulu. Setelah itu, barulah Anda dapat menggunakannya. No signal bukan jadi masalah besar lagi saat buta arah.

5. Bisa Tahu Jurusan dan Jadwal Transit Bus

Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan dengan transportasi umum, Google Maps juga menyediakan informasinya. Anda yang ingin melakukan perjalanan transit, tenang saja.

Anda dapat melihat semua detail keberangkatan dan jadwal transit di Google Maps. Sehingga, perjalanan Anda lebih teratur. Jadwal transit ini akan muncul selama bus beroperasi. Ketika bus sudah tidak beroperasi, maka Google Maps akan memberitahukannya kepada Anda.

Bagi Anda yang ingin melakukan pemesanan bus, langkahnya hampir sama saat ingin melakukan pemesanan lewat aplikasi Gojek atau pun Grab. Anda hanya tinggal memilih waktu keberangkatan dan mempersiapkan biaya yang akan dikeluarkan nantinya.

6. Mudah Memesan Transportasi Online

Bagi Anda yang tidak memiliki aplikasi transportasi online, kini dapat membuka Google Maps untuk memulainya. Layanan aplikasi online yang ditawarkan, antara lain Gojek dan Grab.

Anda dapat memilih salah satu dari ketiga aplikasi tersebut. Informasi tentang biaya perjalanan juga langsung ditampilkan. Jadi, Anda dapat membandingkan aplikasi mana yang menawarkan harga terjangkau.

7. Bisa Mengetahui Lokasi Rekomendasi

Ini dia fitur yang pasti membuat Anda senang. Ketika Anda ingin pergi nongkrong bersama teman-teman, Anda dapat mengetahui rating tempat dari berbagai macam tempat yang hendak dikunjungi.

Rating tersebut didasarkan pada penilaian jumlah orang yang pernah berkunjung sebelumnya. Untuk menggunakan fitur ini, Anda cukup mengetik nama tempat yang akan Anda kunjungi, apakah itu restoran, kafe, atau coffee shop.

Dengan mengetik kata kunci tersebut, maka pilihan tentang tempat tongkrongan akan muncul. Anda dapat memilih tempat mana yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi.(*)

Penulis : Supri Ganteng

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal25 September 2021 14:21
Pelaku Pembakar Mimbar Masjid Raya Makassar Tertangkap, Ini Penampakannya
Pelaku pembakaran mimbar khutbah di Masjid Raya Makassar tertangkap, Sabtu (25/9/2021) siang. Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana me...
Hukum & Kriminal25 September 2021 12:42
Kapolrestabes Makassar : Pelaku Pembakar Mimbar Masjid Raya Makassar Dalam Pengejaran
"Doakan dalam waktu dekat kita bisa mengungkap pelaku dan menangkapnya. Saat ini, anggota sudah mengejar pelaku pembakar mimbar Masjid Raya Makassar,"...
News25 September 2021 10:25
Soal Pembakaran Mimbar Masjid, Das’ad Latif : Ummat Jangan Terprovokasi
Sebelumnya diberitakan mimbar khutbah yang berada di dalam Masjid Raya Makassar dibakar seseorang, Sabtu (25/9/2011) dini hari. Sebelum beraksi, pelak...
Peristiwa25 September 2021 10:11
Mimbar Khutbah Masjid Raya Makassar Dibakar Seseorang
Mimbar khutbah yang berada di dalam Masjid Raya Makassar dibakar seseorang, Sabtu (25/9/2011) dini hari. Sebelum beraksi, pelaku naik ke atas dan seng...