Logo Lintasterkini

Baznas Makassar Salurkan Zakat Terikat La Tinro La Tunrung di Soppeng

Nara
Nara

Selasa, 24 Januari 2023 09:22

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar menyalurkan zakat terikat keluarga La Tinro La Tunrung di Kabupaten Soppeng, Senin (23/1/2023).
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar menyalurkan zakat terikat keluarga La Tinro La Tunrung di Kabupaten Soppeng, Senin (23/1/2023).

SOPPENG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar menyalurkan zakat terikat keluarga La Tinro La Tunrung di Kabupaten Soppeng, Senin (23/1/2023).

Penyaluran zakat terikat kepada 11 mustahik yang berdomisili di empat desa dan kelurahan (Lemba, Lalabata Rilau, Ompo, Saloraja), Kecamatan Lalabata, ini merupakan tahap kedua yang sebelumnya tahap pertama pada Oktober 2022.

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Makassar, Jurlan Em Saho’as, yang memimpin langsung penyaluran didampingi staf pelaksana masing-masing, yaitu Astin Setiawan, Mudassir, Ahmad Kamsir, dan Syarifuddin Pattisahusiwa.

Jurlan mengatakan, jumlah keseluruhan zakat terikat keluarga legislator DPR RI tersebut Rp1 miliar yang dikhususkan di tiga daerah, Masalle (Kota Makassar), Lalabata (Soppeng), dan Kabupaten Enrekang.

Khusus bantuan bulanan di Lalabata, Soppeng, dilakukan per tiga bulan tanpa mengurangi jumlah tiap bulan.

“Penyaluran tahap pertama, kami telah menyalurkan pada Kamis 6 Oktober hingga Selasa 11 Oktober 2022 lalu. Saat itu kami menyalurkan zakat tersebut kepada 482 kaum duafa. Hari ini kami menyalurkan kepada masyarakat prasejahtera yang telah terdata sebelumnya,” kata Jurlan.

Jurlan menjelaskan, zakat yang mereka salurkan merupakan amanah dari muzaki, yakni La Tinro bersama keluarganya.

“Zakat seperti ini dinamakan zakat terikat. Tentunya, Pak La Tinro bersama keluarganya yang menentukan tempat. Salah satu tempat penyaluran adalah Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, ini. Sedangkan dua tempat lainnya masing masing di Kabupaten Anrekang, dan Kelurahan Masale, Kecamatan Panakukkang, Kota Makassar. Jumlah keseluruhan zakat profesi di tiga daerah ini Rp4 miliar,” bebernya.

Penyaluran zakat di Soppeng juga disaksikan langsung salah seorang keluarga La Tinro, yakni, Andi Mapparemma.

Ketua DPRD Soppeng inipun bangga dengan Baznas Makassar yang tak lelah menyalurkan ke kaum duafa yang berhak menerima sekalipun lokasinya di dusun terpencil.

 Komentar

 Terbaru

News30 Januari 2023 15:58
Kursus Barista Makassar Batch 11 Sukses disenggarakan oleh Verso Barista Academy
MAKASSAR – Kursus Barista Makassar Batch 11 yang dilaksanakan oleh Verso Barista Academy (VBA) telah sukses diselenggarakan di Whizz Prime Hotel...
Ekonomi & Bisnis30 Januari 2023 15:55
Kalla Kars Sukses Gelar Annual Meeting dan Siap Ekspansi Area Baru di 2023
MAKASSAR – Sepanjang 2022, Kalla Kars sebagai dealer resmi Jeep di wilayah Indonesia Timurberhasil mencatatkan peningkatan penjualan hingga 92%....
News30 Januari 2023 11:55
Pimpin Sertijab Empat Kapolsek, Kapolres Pinrang : Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat
PINRANG — Kapolres Pinrang AKBP Santiaji Kartasasmita memimpin langsung jalannya Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) empat Kapolsek jajarann...
News30 Januari 2023 11:02
Forkopimda hingga Komunitas Rayakan Ulang Tahun Danny Pomanto Ke-59
MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, menginjak usia yang ke-59 tahun, Senin (30/1/2023). Pergantian umur tid...