Logo Lintasterkini

Gubernur Sulsel Ajak Warga Beralih Gunakan Pertalite

Budi S
Budi S

Rabu, 24 Februari 2021 20:49

Gubernur Sulsel menerima kunjungan rombongan Pertamina
Gubernur Sulsel menerima kunjungan rombongan Pertamina

MAKASSAR – Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mendukung Program Langit Biru (PLB) PT Pertamina yang lebih ramah terhadap lingkungan.

PLB ini merupakan program dengan memberi harga khusus bagi pengguna Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite setara dengan Premium.

Harga khusus itu hanya diberikan kepada kendaraan roda dua (motor), roda tiga, taksi plat kuning, ojek online dan angkutan umum.

Ajakan Nurdin Abdullah itu disampaikan saat menerima kunjungan EGM Regional Sulawesi PT Pertamina (Persero), Rama Suhut beserta rombongan di ruang kerjanya, Rabu (24/02/2021).

“Saya mengajak masyarakat Sulawesi Selatan untuk beralih menggunakan BBM berkualitas seperti Pertalite dan Pertamax agar udara lebih bersih dan sehat,” kata dia melalui keterangannya.

Sementara itu, Rama Suhut menyebut jika PLB ini adalah program lingkungan hidup yang digagas pemerintah melalui Pertamina. Itu berdasarkan dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.

“Kita rencana untuk mengedukasi masyarakat untuk menggunakan BBM berkualitas, Pertalite dan Pertamax,” tuturnya.

Menurut Rama, PLB ini akan difokuskan pada beberapa jenis kendaraan. Sehingga, hanya ada beberapa SPBU yang akan menjual Pertalite dengan harga khusus. Yang diharapkan akan mengedukasi masyarakat menggunakan Pertalite.

“Pertamina terus mendorong penggunaan produk BBM berkualitas yakni Pertalite dengan RON 90, Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo RON 98,” jelasnya.

Dia lalu menjelaskan, BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (Research Octane Number/RON) tinggi. Sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi.

Selain itu, BBM yang lebih berkualitas akan berdampak positif terhadap performa kendaraan. Serta lebih irit konsumsi BBM karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna. (*)

 Komentar

 Terbaru

Kadishub Barru Dipolisikan Stafnya, Dugaan Pencabulan
Hukum & Kriminal20 April 2021 21:22
Kadishub Barru Dipolisikan Stafnya, Dugaan Pencabulan
Kapolres Barru, AKBP Gregorius Liliek Tribhawoni Iryanto membenarkan perihal laporan itu....
Sinyal Pergantian Seluruh Direksi Perusda di Makassar Menguat
Pemerintahan20 April 2021 20:44
Sinyal Pergantian Seluruh Direksi Perusda di Makassar Menguat
Konstribusi perusda masih rendah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga perlu penyegaran. Diawali dengan tahap evaluasi kinerja seluruh direk...
Mensos Santuni Korban Bom Gereja Katedral Makassar
News20 April 2021 20:12
Mensos Santuni Korban Bom Gereja Katedral Makassar
Dalam keterangannya, Risma menyebut, jika kondisi tiga korban mulai membaik. Hanya saja masih membutuhkan perawatan lanjutan....
6 Imigran di Makassar Diamankan Provokasi Larangan Berkendara
News20 April 2021 19:41
6 Imigran di Makassar Diamankan Provokasi Larangan Berkendara
Peran keenam Imigran tersebut sebagai provokator. Berupaya menghalang-halangi petugas saat hendak mengamankan motor di Wisma KPI....