Logo Lintasterkini

Vaksin Gotong Royong Bantu Pemerintah Percepat Capai Herd Immunity

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Rabu, 24 Februari 2021 07:08

Ilustrasi.
Ilustrasi.

JAKARTA — Wacana vaksin gotong-royong menimbulkan pertanyaan bagi masyarakat. Kendati begitu, bagi para pengusaha, ini merupakan langkah inisiatif untuk keluar dari pandemi secepatnya sehingga ekonomi bisa kembali pulih.

Vaksin gotong-royong merupakan upaya pengusaha sekaligus tanggung jawab mereka bagi karyawan perusahaan untuk melindungi dari paparan COVID-19. Upaya ini juga turut membantu tercapinya herd immunity.

“Jadi ini bentuk tanggung jawab pengusaha kepada karyawannya, sekaligus membantu mempercepat herd immunity yang ingin dicapai pemerintah. Kalau ada yang mau membantu untuk mempercepat pemulihan, kita jangan menolak,” terang Arya Sinulingga, Koordinator Komunikasi Publik PMO Komite Penangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Selasa (23/2/2021).

Menurut Arya Sinulingga, pengusaha mengusulkan membantu dengan cara memvaksinasi terhadap karyawannya. Upaya ini tidak mengganggu program vaksinasi pemerintah, tidak mengambil hak orang lain, bahkan justru mempercepat tuntasnya program vaksinasi pemerintah.

Rusli Abdullah, Peneliti dari Institue for Development of Economics and Finance (INDEF) mengatakan, pada prinsipnya, ketika pandemi ini cepat terselesaika, maka pemulihan ekonomi juga akan semakin cepat. Sehingga apabila ada usaha mempercepat vaksinasi, maka percepatan ekonomi akan makin cepat juga.

“Inisiatif pengusaha patut diapresiasi untuk mengikuti program vaksin gotong royong sehingga utilitas pabriknya bisa maksimal, yang tadinya 25% jadi naik 60-70%. Dari sisi perusahaan menguntungkan, dari sisi ekonomi juga pekerjanya bisa kembali bekerja sepenuhnya,” terang Rusli Abdullah..

Ada satu catatan penting dari Rusli, bagi perusahaan, harapannya yang bisa mengikuti vaksinasi gotong royong ini adalah padat karya, berada di zona merah COVID-19, lalu. Selain itu, yang memiliki efek multiplayer yang besar pada perekonomian nasional. (*)

 

 Komentar

 Terbaru

Tiga Petani di Gowa Ditangkap Kuasai Sabu-sabu
Hukum & Kriminal27 Februari 2021 19:52
Tiga Petani di Gowa Ditangkap Kuasai Sabu-sabu
Ketiganya ditangkap di lokasi berbeda. Turut disita uang tunai Rp400 ribu dan 8 saset sabu-sabu....
Pesan Berantai Beredar Sebut Nurdin Abdullah Pulang Malam ini
News27 Februari 2021 19:21
Pesan Berantai Beredar Sebut Nurdin Abdullah Pulang Malam ini
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri menegaskan, jika Nurdin Abdullah bersama lima orang lainnya yang tertangkap operasi OTT masih dalam pemeriksaan....
Digital Marketing, Strategi Ampuh Dongkrak Bisnis di Tengah Pandemi
Bersama Melawan Covid-1927 Februari 2021 19:03
Digital Marketing, Strategi Ampuh Dongkrak Bisnis di Tengah Pandemi
"Saya menjadikan pandemi sebagai moment untuk memulai bisnis. Dan ternyata peluang ini bagus dimana saat pandemi ini orang-orang banyak memasarkan pro...
PMI SMA MAN Pangkep Latih Keterampilan Lewat Dapur Kreasi
Pendidikan27 Februari 2021 18:53
PMI SMA MAN Pangkep Latih Keterampilan Lewat Dapur Kreasi
Selain itu, kegiatan yang diikuti 20 siswa siswi ini, juga melakukan donor darah dan penggalangan dana....