Logo Lintasterkini

Ziarah ke Makam Arung Palakka Hanya Pakai Jaket, Bupati Gowa Dikritik

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Sabtu, 24 Maret 2018 05:40

Plt Bupati Bone Andi Bakti Haruni menyerahkan cinderamata kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL.
Plt Bupati Bone Andi Bakti Haruni menyerahkan cinderamata kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL.

MAKASSAR – Dalam rangkaian Hari Jadi Bone ke-688 tahun, Plt Bupati Bone, Ir. H. A. Bakti Haruni bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bone didampingi Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan YL berziarah ke Makam Raja Bone ke-15 Latenritatta, Arung Palakka. Namun Bupati Adnan hanya menggunakan jaket biasa dalam kegiatan itu.

Kritik pun dikemukakan Ketua Umum Laskar Arung Palakka (LAP) Andi Muhammad Akbar saat dikomfirmasi, Jumat (23/3/2018). Dia mengatakan, Laskar Arung Palakka sangat menyesalkan jenis pakaian Bupati Gowa yang notabene pernah didaulat sebagai Sombayya Ri Gowa. Seharusnya, kata Andi Muhammad akbar, Bupati Adnan paham bahwa ziarah yang dilakukan adalah ziarah makam kerajaan dalam peringatan Hari Jadi Bone, yang sangat disakralkan masyarakat di Kabupaten Bone.

Andi Akbar menegaskan, LAP meminta Plt Bupati Bone Andi Bakti Haruni untuk menjelaskan kenapa acara ziarah kerajaan tersebut, Bupati Gowa tidak berpakaian adat Bone yang diketahui sebagai Kota Beradat. Seharusnya Plt Bupati Bone paham adat-istiadat dan tata cara yang beretika saat berziarah ke makam kerajaan.

“Bilamana Pelaksana tugas Bupati Bone Andi Bakti Haruni tak mampu memimpin Bone, silakan untuk mundur, karena kami butuh pemimpin yang ‘Makkiade’,” tegasnya.

[NEXT]

Ketum LAP ini juga meminta Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL untuk menjelaskan dan meminta maaf kepada seluruh warga Bone, kenapa dalam acara ziarah makam kerajaan hanya menggunakan jaket. Sikap yang ditunjukkan oleh orang nomor satu di Kabupaten Gowa yang hanya mengenakan jaket saat berziarah ke makam kerajaan Bone ini, oleh Andi Muhammad Akbar dituding sebagai tidak adanya bentuk penghargaan terhadap adat Kerajaan Bone.

“Saya sangat mengapresiasi akan kedatangan Bupati Gowa diacara ziarah makam Kerajaan Bone, namun kurang etis rasanya bila hanya mengenakan jaket biasa dan tak berpakain adat saat berziara ke makam Arung Palakka, yang nota bene termasuk dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Bone”,” kata Andi Akbar.

Makam Raja Bone Arung Palakka ini terletak di Jalan Bonto Biraeng, Katangka, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Turut hadir dalam ziarah makam Raja Bone ke-15 ini yaitu Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. Namun hal yang dinilai tak etis ditunjukkan Bupati Adnan, yang berpenampilan hanya menggunakan jaket.

Terkesan, mantan anggota DPRD Sulsel itu tidak paham dengan tradisi adat-istiadat dan budaya daerah, yang mestinya dijunjung tinggi. (*)

 

Penulis : Alfian (Humas Laskar Arung Palakka/LAP)

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan02 Mei 2024 16:13
PLN Icon Plus Semarakkan Hardiknas 2024 di SMK-SMTI Makassar
MAKASSAR – PLN Icon Plus SBU Regional Sulawesi & IBT memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 dengan menyelenggarakan berbagai kegi...
Pendidikan02 Mei 2024 15:52
20.200 Mahasiswa Baru Unhas Ikuti Seleksi UTBK
MAKASSAR – Dalam rangka seleksi nasional, Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan semangat ...
News02 Mei 2024 13:05
Wali Kota Makassar Apresiasi Implementasi 18 Revolusi Pendidikan
MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, mengapresiasi konten 18 Revolusi Pendidikan di Makassar yang merupakan ...
Pendidikan02 Mei 2024 09:54
LLDIKTI IX Raih Penghargaan Kinerja Anggaran Terbaik Kemdikbudristek
MAKASSAR – Sivitas akademika Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kep...