Logo Lintasterkini

Dana PEN Stadion Dibatalkan, Legislator: DPRD Sulsel Tidak Menghalangi

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Sabtu, 24 April 2021 17:51

Desain Pembangunan Stadion Mattoanging
Desain Pembangunan Stadion Mattoanging

MAKASSAR — Rencana Pemprov Sulsel tidak melanjutkan pinjaman dana PEN dari PT SMI ditanggapi legislator. Siap mendukung bila kebijakannya strategis.

Diketahui, Plt Gubernur Sulsel sudah memastikan pembangunan Stadion Mattoanging tetap berlanjut. Hanya saja, dia tak ingin mengambil risiko melalui pinjaman dana dari PT SMI.

Dengan begitu, rencana awal pembangunan Stadion Mattoanging yang disusun Gubernur Sulsel nonaktif, Nurdin Abdullah akan berubah. Pembangunannya menyesuaikan kesanggupan anggaran Pemprov Sulsel.

Sebelumnya, Pemprov Sulsel telah melakukan MoU dengan PT SMI terkait pinjaman dana PEN senilai Rp1,16 triliun untuk pembangunan stadion bertaraf internasional itu. Namun memang, belum ada pencairan.

Saat ini, keputusan akhir terkait skema penyediaan anggaran berada di tangan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Anggota Komisi C Bidang Keuangan DPRD Sulsel, Fahruddin Rangga mengungkapkan, tahap kedua peminjaman dana PEN memang diperuntukkan untuk Stadion Mattoanging. Jika tidak terelasisasi maka akan jadi masalah untuk Pemprov Sulsel karena harus mencari sumber pembiayaan lain.

“Informasi terakhir dari Pemprov Sulsel, tahap dua itu tidak akan turun. Tentu ini akan jadi masalah karena jika dibebankan ke APBD maka itu akan sangat berat, sementara banyak hal lain yang jadi prioritas juga,” ungkapnya.

Anggota DPRD Sulsel dari Fraksi Golkar ini mengaku akan sangat bersyukur jika Plt Gubernur Sulsel bisa mendapatkan dana pinjaman PEN tahap kedua.

Namun, ia akan mendukung apapun kebijakan Pemprov Sulsel terkait pembangunan stadion bertaraf internasional itu selama anggarannya jelas dan tidak terlalu membebani APBD.

“Kami memberikan pertimbangan masalah anggaran, langkah pembangunan stadion menggunakan dana PEN. Kami serahkan ke Plt Gubernur. DPRD Sulsel tidak akan menghalangi jika sifatnya strategis,” kata Wakil Ketua Banggar DPRD Sulsel ini.(*)

 

 Komentar

 Terbaru

News15 Juni 2021 17:39
Sahruddin Said: 2020 Lalu Ada Operator PPDB Masukkan Data Fiktif
MAKASSAR — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Makassar tahun ini mendapat perhatian khusus dari legislator. Termasuk potensi permaian yang terjadi...
Advetorial15 Juni 2021 16:32
Pengumuman: Kantor PD BPR KMUP Pindah dari Jalan Gunung Bawakaraeng ke Pusat Niaga Daya
MAKASSAR — Kantor PD Bank Perkreditan Rakyat (BPR) KMUP kini berpindah ke Pusat Niaga Daya Blok F 5 B/10. Dari sebelumnya berada di Jalan Gunung Baw...
Hukum & Kriminal15 Juni 2021 16:04
Pelaku Pembunuhan dan Pembakaran Pria di Maros Diduga Sindikat Penjualan Anak di Bawah Umur
MAROS– Jajaran Polres Maros diback up Resmob Polda Sulsel akhirnya berhasil menangkap dua pelaku pembunuhan dan pembakaran mayat di Bukit Kemi...
News15 Juni 2021 15:15
Viral Pegawai Masak BBQ di Kantor Kecamatan, Camat Rappocini Makassar: Itu Jam Istirahat
MAKASSAR — Sebuah foto yang menampilkan pegawai sedang memasak BBQ di Kantor Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, viral di media sosial (medsos). Dal...