Logo Lintasterkini

Di Makassar, Warga Pulau Sudah Terlayani Ambulance Laut

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Rabu, 24 Mei 2017 15:20

1 (satu) unit ambulance laut milik Pemkot Makassar.
1 (satu) unit ambulance laut milik Pemkot Makassar.

MAKASSAR – Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mewujudkan pelayanan publik maksimal dan merata, bukanlah isapan jempol semata. Terbukti, Selasa, (23/5/2017), Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto secara resmi meluncurkan salah satu bentuk layanan publik di bidang kesehatan, satu unit ambulance laut.

Ambulance laut berupa speed boat ini tentu memiliki kecepatan yang tinggi. Hal ini penting terutama untuk keperluan pengangkutan pasien rujukan, darurat dari pulau yang hendak mendapatkan layanan Rumah Sakit di daratan Makassar.

Sebenarnya, beberapa pulau di Makassar terdapat Puskesmas dengan fasilitas rawat inap bagi pasien yang membutuhkan perawatan intensif. Namun demikian, kehadiran ambulance laut ini tentu sangat bermanfaat untuk mengantisipasi adanya pasien yang perlu mendapatkan perawatan serius di rumah sakit di Kota Makassar.

“Walau baru tersedia satu unit, ambulance ini bisa menjadi solusi pada situasi darurat. Terutama saat masyarakat pulau harus segera dirujuk ke pusat kota untuk memperoleh perawatan yang lebih lengkap,” pungkas Danny.

Sementara itu, menurut Kadis Kesehatan Kota Makassar, Naisya Tun Azikin bahwa ambulance laut dilengkapi dengan fasilitas kesehatan memadai ini akan disiagakan 24 jam.

“Meski baru satu, ambulance laut ini disiapkan untuk membantu puskesmas dan melayani seluruh pulau di Makassar,” ucapnya.

Selain menjadi angkutan masyarakat yang sedang sakit, ambulance laut juga telah dilengkapi dengan beragam peralatan penunjang kesehatan. Seperti alat standar kesehatan, Tele-EKG dan Telemedicine, dan juga dokter.

Naisya pun optimis, dengan hadirnya ambulance laut tersebut, sangat bisa diandalkan dalam memberikan pertolongan pertama dan perawatan kepada pasien. Tak kalah menariknya karena ambulance laut ini juga sudah bisa melayani ibu hamil. (*)

 Komentar

 Terbaru

Bersama Melawan Covid-1930 Juli 2021 00:02
Sinergitas dengan Kampus, Kapolrestabes Makassar Ajak Mahasiswa Vaksin
Witnu juga menambahkan bahwa semoga vaksin yang disalurkan untuk mahasiswa STMIK Handayani akan mencover sehingga tidak mudah untuk terpapar pandemi c...
Hukum & Kriminal29 Juli 2021 23:48
Polda Sulsel Akhirnya Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi RS Batua Makassar
MAKASSAR– Kasus dugaan korupsi proyek RS Batua Makassar terus berlanjut dalam penyelidikan polisi. Kali ini, Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel ki...
News29 Juli 2021 23:09
Plt Gubernur Apresiasi Kakek 67 Tahun di Makassar yang Bersepeda Belasan Kilo demi Vaksinasi
MAKASSAR– Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menemui seorang kakek yang rela bersepeda untuk mendapatkan vaksin. Perjuangannya diapres...
News29 Juli 2021 22:53
Wali Kota Makassar Bakal Naikkan Insentif Satgas Pengangkut Jenazah Corona
MAKASSAR– Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan (Danny) Pomanto akan menaikkan insentif tim satgas pengangkut jenazah covid-19. Tingginya kasus kemati...