Logo Lintasterkini

374 Kg Sampah di Pasar Terpilah Lewat Bank Sampah Unit, Sahar: Akan Dimaksimalkan

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Kamis, 24 Juni 2021 13:18

Proses pemilahan sampah di Bank Sampah Unit Pasar.
Proses pemilahan sampah di Bank Sampah Unit Pasar.

MAKASSAR — Persoalan sampah di tengah pasar tradisional bukanlah hal baru bagi masyarakat. Bahkan dianggap sebagau hal yang lumrah.

Namun, upaya untuk meminimalisasi stigma tersebut terus dilakukan. Salah satunya dengan kehadiran Bank Sampah Unit di masing-masing pasar tradisional.

Sampah-sampah tersebut sudah mulai jadi perhatian pihak PD Pasar Makassar Raya. Sebagian sampah sebelum dibuang dipilah dahulu agar dapat mendatangkan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Saat ini jumlah Bank Sampah Pasar Tradisional sebagian besar sudah rutin melakukan transaksi penimbangan dan penjualan sampah mereka.

Sedikitnya, sekira 374 kilogram sampah yang dikumpul dari sejumlah pasar. Dengan total nilai Rp699.800 dari tujuh Pasar yang aktif melakukan penimbangan.

Ketua Bank Sampah Sektoral PD Pasar Makassar, Asnawi M Aras menjelaskan penimbangan itu merupakan data selama sebulan yang sudah dikumpul sejak Mei lalu.

“Setiap kali petugas kebersihan pasar mengumpulkan sampah, mereka membersihkan terlebih dahulu dan dipilah. Setelah dianggap mencukupi dalam wadah penyimpanan Bank Sampah Unit barulah dilakukan penimbangan,” ujarnya, Kamis (24/6/2021).

Lebih lanjut dikatakan sampah yang ditimbang adalah adalah sampah daur ulang. Seperti karton, plastik botol, rak telur, plastik bening, maupun kertas.

Direktur Operasional PD Pasar Makassar Raya, Saharuddin Ridwan mengatakan setidaknya pihaknya telah mencoba menerapkan program Satu Pasar Satu Bank Sampah.

“Sejalan dengan program kami Satu Pasar, Satu Bank Sampah. Ini adalah bentuk respons positif kami terhadap bapak Wali Kota Makassar yang ingin memperkuat bank sampah di Kota Makassar,” ujar aktivis lingkungan hidup itu.

Dia menyampaikan, potensi sampah anorganik di pasar akan dimaksimalkan tahun ini. Kemudian sampah organik yang potensi sampahnya bisa sampai 60 persen akan ikut dimaksimalkan.

“Tahun ini kita akan maksimalkan. Selain sampah anorganik, sampah organik yang potensi sampahnya bisa sampai 60 persen akan kita maksimalkan juga,” pungkasnya.

Berikut potensi sampah hasil penimbangan pada Mei 2021 dari 7 Bank Sampah Unit Pasar:

Pasar Mandai 42 kg Rp70.500
Pasar Maricaya 72 kg Rp160.200
Pasar S Jawa 44 kg Rp105.500
Pasar Kalimbu 52 kg Rp123.400
Pasar Terong 32 kg Rp33.500
Pasar Kampung Baru 93 kg Rp175.700
Pasar Panakkukang 39 kg Rp31.000.(*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal29 Juli 2021 16:01
Saksi Sebut NA Tak Terlibat di Bantuan Dana CSR Masjid
"Selesai peletakan batu pertama, Saya makan siang bersama. Pak Petrus sampaikan bahwa dia sumbangkan Rp100 juta untuk masjid, Saya spontan bilang saya...
News29 Juli 2021 13:54
Gerakan Peduli PKL, Ditlantas Polda Sulsel Borong Dagangan dengan Harga 10 Kali Lipat
Aksi kepedulian ini di motori Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel AKBP M Yusuf Usman setelah mendapat instruksi langsung dari Dirlantas Polda Sul...
News29 Juli 2021 11:28
Mantap! Rahmat Erwin Abdullah Lifter Asal Makassar Ukir Rekor di Olimpiade Tokyo 2020
TOKYO– Lifter Indonesia asal Makassar, Rahmat Erwin Abdullah menorehkan pencapaian yang membanggakan, ia berhasil mengukir rekor di Olimpiade To...
News28 Juli 2021 23:39
Fadel Muhammad Tauphan Mantapkan Niat Jadi Ketua HIPMI Makassar
"Jabatan ketua bukanlah satu-satunya alasan saya maju di bursa pemilihan ini. Akan tetapi, ini jalan kami untuk berjuang menuangkan ide dan gagasan ka...