Logo Lintasterkini

Jumlah Siswa Diterima di PTN lewat UTBK SBNT di Sulsel Meningkat Signifikan

Redaksi
Redaksi

Sabtu, 24 Juni 2023 10:16

Ilustrasi.
Ilustrasi.

MAKASSAR – Hasil pengumuman panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) untuk jalur Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 telah keluar.

Hasilnya, Sulawesi Selatan (Sulsel) masuk lima besar provinsi dengan jumlah siswa terbanyak yang diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) lewat jalur UTBK SBNT.

“Alhamdulillah, Sulawesi Selatan masuk lima besar provinsi dengan siswa diterima terbanyak di Perguruan Tinggi Negeri,” kata Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, dikutip laman resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, Sabtu (23/6/2023).

Adapun total siswa asal Sulsel yang diterima lewat jalur UTBK SBNT 2023, yaitu 10.994 siswa dari jumlah 33.212 pendaftar. Jika dipersentasekan sekitar 33,10 persen.

Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan 2022 lalu, yang hanya 8.902 siswa dengan persentase kelulusan 25,36 persen.

Dari segi peringkat, Sulsel juga naik satu tingkat. Pada 2022 lalu di peringkat keenam.

Untuk posisi 10 besar dimulai dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan. Lalu disusul DKI Jakarta, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Aceh, dan Banten.

Andi Sudirman memberikan selamat kepada seluruh siswa yang berhasil diterima di PTN.

“Kita mengucapkan selamat kepada seluruh siswa kita yang berhasil masuk ke perguruan tinggi negeri. Terus belajar agar cita-citanya bisa diraih,” harapnya.

 Komentar

 Terbaru

Gaya Hidup23 September 2023 08:52
Gaya Berpakaian Wakili Identitas Anda, Ekspresikan Diri Anda Melalui Fesyen
LintasTerkini.com – Gaya berpakaian bukan sekadar pemilihan busana harian, tetapi juga merupakan cara kita mengungkapkan identitas dan kepribadi...
News23 September 2023 08:23
Pj Sekda Sulsel Pimpin Rakor Penguatan Ketahanan Pangan lewat Program Gemar Menanam Pisang
MAKASSAR – Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) untuk menindaklanjuti arahan Pj Gubernur...
News22 September 2023 16:21
Pj Gubernur Sulsel: Bantaeng Bisa Jadi Contoh Daerah Lain
BANTAENG – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, menyebut Kabupaten Bantaeng bisa menjadi contoh bagi daerah lain di ...
News22 September 2023 16:11
Bappenas Siapkan Rp581 Miliar untuk Infrastruktur Jalan di Sulsel
MAKASSAR – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyiapkan Rp58...