Logo Lintasterkini

Calo Tertangkap, Disdukcapil Makassar Minta Masyarakat Aktif Melapor

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Selasa, 24 Agustus 2021 22:41

Ilustrasi pungli.
Ilustrasi pungli.

MAKASSAR — Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, Aryati Puspasari meminta masyarakat lebih selektif. Buntut penangkapan calo, Selasa (24/8/2021).

Ia mengatakan, praktik percaloan tidak dibenarkan dalam mengurus berkas kependudukan. Sebab, Disdukcapil Kota Makassar sudah merancang pelayanan dalam berbagai kondisi.

Kata dia, masyarakat bisa mengakses pelayanan kependudukan melalui luar jaringan (luring) maupun dalam jaringan (daring). Sudah ada petugas yang dibagi untuk melayani pengurusan berkas kependudukan masyarakat.

“Kami sudah menyiapkan pelayanan secara offiline, tapi terbatas. Kalaupun kami tidak melayani pelayanan secara offline kami sudah siapkan di wesite kami,” tuturnya, Selasa (24/8/2021).

Makanya, ia menegaskan tidak ada lagi alasan bagi masyarakat bahwa tidak terlayani. Sebab, petugas sudah dipastikan akan memandu masyarakat selama jam pelayanan berlangsung.

“Kami sudah ada pakta integritas buat para pelayan yang diberikan kepada masyarakat. Nah, kalau kasus yang ditemukan hari ini, kami segera tindaklanjuti,” tegas Puspa.

Ia juga mengaku sudah melibatkan pihak kepolisian. Hal ini ia lakukan untuk mengurangi potensi terjadinya praktik percaloan. Termasuk sudah membentuk tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).

“Kami berharap masyarakat bisa lebih aktif menyampaikan kalau ada dugaan atau praktik percaloan yang terjadi di layanan publik yaitu di Disdukcapil Makassar,” imbaunya.(*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal18 September 2021 09:22
Tiga Tersangka Arisan Online, Korbannya 300 Orang
Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Jamal Fathur Rakhman, mengatakan, ketiganya sudah diamankan dan ditahan di Mapolrestabes Makassar untuk pem...
Peristiwa18 September 2021 08:57
Rumah Sekaligus Bengkel Terbakar di Paccerakkang, Kerugian Capai Rp 200 Juta
Satu unit rumah yang juga merupakan bengkel hangus terbakar di BTN Mangga Tiga, Kelurahan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Jumat (17/9/...
News17 September 2021 19:23
Ini Harapan Ketua PMI Makassar di HUT PMI Ke-76 Tahun
MAKASSAR – Memperingati hari palang merah Indonesia (PMI) ke-76, PMI Makassar mengikuti upacara bersama PMI pusat yang dilaksanakan secara virtu...
Nasional17 September 2021 16:57
Kompolnas Dorong Polri Terapkan Layanan Berbasis Online di Bidang Lalu Lintas
MAKASSAR– Demi memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan polisi Lalu Lintas secara online, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendorong ...