Logo Lintasterkini

Prabowo Lebih Diuntungkan dari Kemenangan Jokowi

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 24 September 2012 13:55

Prabowo
Prabowo

Prabowo

JAKARTA – Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengatakan, kemenangan pasangan Cagub Jokowi-Ahok dalam Pemilukada DKI Jakarta lebih menguntungkan Prabowo Subianto, dibanding Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

CEO SMRC Grace Natali mengatakan berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada tanggal 7 sampai 11 September 2012, warga yang memberikan dukungan ke pasangan Cagub Jokowi-Ahok lebih banyak juga memberikan dukungan kepada Prabowo dibanding Megawati, dalam Pilpres di 2014.

“Yang menarik, pemilih Jokowi – Ahok, 25 persen memilih Prabowo, dan hanya 13 persen memilih Megawati sebagai Presiden,” ujarnya saat rilis exit poll Pilkada DKI Jakarta, dengan tema Pilkada DKI Jakarta, Pemilu, dan Pilpres 2014, di Jakarta (23/9/2012).

Secara umum pemilih Jokowi – Ahok lebih berhubungan dengan pemilih Prabowo. Tidak pernah terjadi dalam survei nasional maupun Pilkada di daerah lain dukungan pada Prabowo jauh diatas Megawati ketika stimulasi dilakukan secara alami semi terbuka.

Grace menilai Pilkada DKI dan kemenangan Jokowi – Ahok lebih berhubungan dengan pemilih Prabowo dibanding Megawati. Pilkada DKI dan hasilnya lebih memperkuat Prabowo ditingkat massa pemilih dibanding Megawati dan tokoh lain.

Ia melanjutkan, umumnya warga tidak tahu tentang hukuman dewan kehormatan TNI terhadap Prabowo. Dari minoritas yang tahu, umumnya menilai bahwa hukuman terhadap Prabowo pantas diberikan. Sementara yang mengatakan hukuman tidak pantas diberikan, sebagian besar memilih Jokowi – Ahok (55%) pada Pilkada DKI.

Efek isu pelanggaran HAM oleh Prabowo tidak diketahui oleh warga Jakarta pada umumnya, dan ini yang membuat isu Prabowo tersebut tidak terlihat penting dalam kontestasi Pilkada DKI.

“Kalaupun tahu Prabowo bisa meyakinkan massa bahwa pelanggaran HAM tersebut tidak benar dan karena itu tidak pantas hukuman itu ditimpakan kepadanya, maka dengan sendirinya isu tersebut tidak menghambat pasangan Jokowi – Ahok dan ambisi Prabowo menjadi Presiden,” ucap dia.( inlah.com)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis13 Juli 2024 23:00
Bukit Baruga Serah Terima Kunci Rumah Jasmine Residence Sebanyak 31 Unit
MAKASSAR – Bukit Baruga sukses menggelar seremonial serah terima kunci kepada sejumlah user untuk pembelian unit hunian terbaru, yaitu Tipe Prim...
Pemerintahan13 Juli 2024 11:02
Gowa Semakin Dilirik, Investasi Capai Rp400 Miliar di Bidang Pariwisata 
GOWA – Beautiful Malino 2024 kembali digelar dengan mengangkat tema “Harmony of Malino” yang memiliki makna keseimbangan dan dibuka ...
News13 Juli 2024 10:52
PT GMTD Bagikan 100 Paket Nasi Box di Sekitaran Kawasan Tanjung Bunga
MAKASSAR – PT GMTD Tbk melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan membagikan 100 paket nasi kotak di sekitaran kawasan T...
Peristiwa13 Juli 2024 10:38
Dua Remaja Maros yang Tenggelam di Air Terjun Jami Ditemukan Meninggal
MAKASSAR – Kurang dari 24 jam setelah melaksanakan upaya pencarian terhadap dua warga Maros. Tim Sar gabungan menemukan kedua korban setelah mel...