Logo Lintasterkini

Dua Prajurit Konga XXIII-K/Unifil Dapat Penghargaan EMU Unifil

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Jumat, 24 November 2017 10:13

Dua prajurit Konga XXIII-K/Unifil menapat penghargaan dari EMU Unifil.
Dua prajurit Konga XXIII-K/Unifil menapat penghargaan dari EMU Unifil.

KONGA – Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Yonmek Indobatt Konga XXIII-K/Unifil mendapat penghargaan dari Environment Management Unit (EMU) Unifil di Kompi B UNP 7-3, Lebanon, Senin (20/11/2017) lalu.

Komandan Indobatt Konga XXIII-K/Unifil Letkol Inf Yudi Gumilar, S.Pd memimpin upacara penyerahan penghargaan dari Unifil kepada dua orang prajurit yaitu Serka I Nengah Astawan dan Sertu I Nyoman Setiawan.

Penghargaan tersebut diberikan kepada kedua prajurit tersebut karena telah berhasil menciptakan sebuah inovasi penggunaan barang-barang bekas pakai dari spare part kendaraan.

Lebih lanjut Letkol Inf Yudi Gumilar memberikan apresiasi kepada kedua prajuritnya dengan inisiatif dan ketrampilan yang dimiliki. Serka I Nengah dan Sertu I Nyoman menciptakan sebuah replika Robot Transformer Garuda.

Kedua prajurit Indobatt XXIII-K/Unifil memanfaatkan kampas rem, kampas kompling, dekrup matahari, rantai keteng, dinamo starter, dinamo ampere, kompresor AC, laher-laher, kabel rem, shockbreaker, knalpot dan lainnya.

“Pembuatan replika robot itu dikerjakan oleh kedua prajurit mulai dari desain hingga finishing dengan penuh ketelitian dan kesabaran. Kurang lebih selama dua bulan mereka memotong, mengelas merakit, bagian per bagian hingga membentuk sebuah robot,” kata Letkol Inf Yudi Gumilar.

Komandan Indobatt Konga XXIII-K/Unifil, Letkol Inf Yudi Gumilar kagum dengan karya ini, sangat bernilai seni meskipun terbuat dari barang-barang bekas. Saat ini replika Robot Transformer Garuda telah berdiri bersebelahan dengan patung Garuda di Markas Kompi B Indobatt XXIII-K.

Environment Management Unit (EMU) Unifil adalah suatu badan yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pemeliharaan lingkungan hidup. EMU memberikan apresiasi kepada prajurit Indobatt Konga XXIII-K/Unifil karena mampu memanfaatkan barang-barang bekas menjadi sebuah kreasi yang bermanfaat dan mempunyai nilai seni, sehingga tidak menjadi suatu polusi dan kerusakan lingkungan. (*)

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan18 April 2024 10:50
Ide Gagasan paling Rasional, Ivan Kalalembang Didukung Sejumlah Angkatan 
MAKASSAR – Calon Ketua IKA SMA Negeri 8 Makassar (Smandel) Ivan Kalalembang telah mendapatkan dukungan sejumlah angkatan. Dengan demikian dipast...
Hukum & Kriminal18 April 2024 10:40
Polres Sidrap Bekuk TO Kasus Pencurian dengan Pemberatan
SIDRAP – Tim Resmob Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Sidrap berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan yang terjadi di dua lo...
News18 April 2024 07:36
Halal Bihalal IKA SMANSA 81 Momentum Lepas Rindu Sesama Alumni
MAKASSAR – Alumni SMAN 1 Makassar berkumpul dan melepas rindu di kediaman pribadi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto Jalan Amirullah, Rabu (...
News17 April 2024 21:38
Jelang Masa Kepemimpinan AIH Berakhir, BKPSDM Pinrang Pastikan Tidak Ada Mutasi
PINRANG — Kabar akan adanya mutasi atau pergeseran jabatan di Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang jelang berakhirnya masa jabatan Bupa...