Logo Lintasterkini

Kapolda Sulsel: Semua Tim Harus Hormati Kesepakatan Bersama

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 24 Desember 2012 09:32

Kapolda bersama tim sukses berjabat tangan bersama usai melakukan kesepakatan damai di Mapolda Sulsel.
Kapolda bersama tim sukses berjabat tangan bersama usai melakukan kesepakatan damai di Mapolda Sulsel.

Kapolda bersama tim sukses berjabat tangan bersama usai melakukan kesepakatan damai di Mapolda Sulsel.

MAKASSAR – Kapolda Sulsel Irjen Pol Mudji Waluyo meminta semua tim sukses atau tim kampanye untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Sulawesi Selatan, jelang pemilihan gubernur dan pascapemilihan. Masing-masing tim diminta untuk menghormati kesepekatan bersama yang tela dibuat pada Jumat (21/12/2012) lalu.

“Kami minta semua pasangan calon dan masing-masing tim sukses untuk menjaga keamanan dan keutuhan bersama. Kita sama-sama menginginkan agar Sulsel tetap kondusif dan aman dalam rangkaian pilgub ini,” ujar Mudji, Minggu (23/12/2012).

Dikatakan, untuk mengantisipasi adanya perselisihan atau hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya telah melakukan mediasi dan mempertemukan tiga tim sukses pasangan calon gubernur di Mapolda Sulsel. Hadir pula KPU Sulsel yang ikut melakukan kesepakatan bersama.

“Intinya kesepakatan itu yakni , menjamin terpeliharanya persatuan dan kesatuan serta menghormati adanya perbedaan pendapat, perbedaan pandangan maupun perbedaan sikap serta mengindari adanya bentruan antar pendukung pasangan calon,” jelas kapolda.

Selain itu, tambahnya, siap bertanggung jawab dalam pelaksaaan kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel tahun 203 dan mengendalikan massa dari masing-masing pendukung sesuai aturan Undang-undang. Kesepakatan itu tertuang dalam empat butir dan ditandatangani oleh para tim suksesk serta saksi dari KPU, Panwaslu, Kepala Kesbang Pol Provinsi Sulsel dan kapolda Sulsel.

“Melalui kesepakatan itu diharapkan perhelatan akbar pemilihan gubernur Sulsel ini bisa berjalan dengan lancar. Termasuk, berjalan dengan aman dan tertib,” tandasnya lagi.

Sementara itu, Wakil Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) Sulsel, Andi Baso Tenri Gowa mengatakan, kesepakatan bersama yang dimediasi Kapolda Sulsel Irjen Pol Mudji Waluyo adalah hal positif yang harus diberikan apresiasi. Sebab, kata dia, ini salah satu upaya untuk mencegah terjadinya benturan antar pendukung pasangan calon.

“Semoga semua pihak bisa menghormati kesepakatan bersama itu. Kita menginginkan agar situasi di Sulsel tetap aman dan tentram,” ungkap Baso. (er)

 Komentar

 Terbaru

Peristiwa20 Mei 2022 02:24
Lansia Tewas Setelah Dipergoki Mencuri di Areal Tambang di Bantaeng, Tiga Polisi Diperiksa
Nasib malang menimpa seorang pria lanjut usia (lansia) bernama Nuru Saali (78) di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kabarnya, ia tewas us...
News19 Mei 2022 23:55
Pelat Palsu Marak Beredar di Sulsel, Ada Pembiaran?
Aturan pemberlakukan tersebut memang sudah ada yakni mengacu pada Peraturan Polri (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi (Reg...
News19 Mei 2022 22:47
Bupati Pinrang Terpilih Memberikan Testimoni Di Rakornas BAN S/M
MAKASSAR — Bupati Pinrang, Irwan Hamid bersama Bupati Gowa dan Bupati Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah diundang dan terpilih untuk memberikan t...
Hukum & Kriminal19 Mei 2022 22:43
Berdamai, Ini Syarat Yang Diajukan Pelajar Korban Penganiayaan Di Pinrang Yang Videonya Viral Di Medsos
PINRANG – Penganiayaan yang dilakukan seorang pelajar laki-laki SMA Negeri 9 Cempa Kabupaten Pinrang terhadap. seorang pelajar perempuan tyang t...