Logo Lintasterkini

Polri: Berpaku, Paket di Bandara Cengkareng Bom Aktif

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 25 Januari 2013 16:39

Polri: Berpaku, Paket di Bandara Cengkareng Bom Aktif

JAKARTA – Markas Besar Polri menduga kuat paket di Bandara Soekarno-Hatta yang ditemukan pihak Security PT DAP, Sulistyono dan Adink, bukanlah bom ikan. Polri masih menyelidiki jenis bom yang ditemukan tersebut.

“Pertama dugaan itu bom ikan, tapi bom ikan tidak menggunakan paku,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Suhardi Aliyus, di Mabes Polri, Jumat (25/1/2013).

Menurutnya, paket diduga bom itu merupakan bom aktif yang sengaja diselundupkan melalui paket yang dikirim melalui layanan PT Pos untuk selanjutnya diterbangkan dengan pesawat komersil.

“Ya aktif, kalau sampai lolos dan betul terangkut apa yang akan terjadi,” ujar Suhardi.

Kepolisian masih mencari pemicu yang digunakan perakit di dalam paket yang dikirim dari Pekalongan menuju Papua. “Pemicunya belum tahu, masih didalami,” terangnya.

Tim Gegana sudah melakukan disposal (penguraian) terhadap paket tersebut. Sebelumnya, paket itu gagal lolos X-Ray karena diduga berisi bom ikan. Kemudian paket dikembalikan ke PT Kantor Pos Udara.

Sekitar pukul 09.50 WIB, PT Kantor Pos menghubungi pihak kepolisian dan kemudian dilakukan pengecekan.

Di resi paket itu tertulis ‘Masin Ikan’ dari Kasdiyo di Pekalongan yang ditujukan untuk Ayuk di Merauke Papua.

Sebelumnya Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Kombes CH Patoppoi menegaskan pihak Gegana masih melakukan pengecekan.

Suhardi mengimbau bila pengelola ekspedisi untuk mengecek teliti setiap paket yang masuk ke mereka. “Kami mohon kepada para pemangku kepentingan supaya paket diteliti dengan baik, artinya mekanisme pengecekan dibuat berlapis,” tegas Suhardi.

(dtc)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis26 Juli 2024 23:59
Beginilah Bentuk Implementasi CIMB Niaga Terhadap Bisnis Berkelanjutan
MAKASSAR – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus menunjukkan komitmennya dalam mengimplementasikan prinsip keberlanjutan dalam setiap kegiat...
News26 Juli 2024 20:59
Bumi Karsa Turut Bantu Korban Longsor di Gorontalo, Salurkan Makanan Instan Hingga Perlengkapan Medis
GORONTALO – Bumi Karsa turut membantu korban longsor yang terjadi di Kecamatan Suwawa, Gorontalo. Bantuan yang disalurkan berupa puluhan dus makanan...
Politik26 Juli 2024 18:48
PAN Terima Pendaftaran Andi Seto Sebagai Bakal Calon Wali Kota Makassar
MAKASSAR – Andi Seto Asapa mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon wali kota Makassar di DPD PAN Makassar, di Jalan Abdullah Dg Sirua, Ju...
News26 Juli 2024 16:52
Fashion Show Kucing, Meriahkan Zona 5 F8
MAKASSAR – Salah satu bagian dari Event Makassar Internasional Eight Festival abd Forum (F8), disemarakkan oleh komunitas para pemerhati kucing....