Logo Lintasterkini

MTF Market Harajuku 2022

Pelaku Usaha Kuliner Ramaikan Mal Pipo

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 25 Februari 2022 20:21

MTF Market Harajuku 2022 di Pipo
MTF Market Harajuku 2022 di Pipo

MAKASSAR – Pandemi Covid-19 membuat pelaku usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) menghadapi tekanan berat.

UMKM tidak bisa melakukan aktivitas ekonomi sebagaimana biasanya. Untuk membangkitkan gairah pelaku UMKM, terkini.id, menghelat bazar kuliner dan fashion MTF Market Harajuku 2022.

Pagelaran tersebut berlangsung mulai Rabu, 23-27 Februari 2022 di Mal Pipo Makassar. MTF Market Harajuku 2022 membawa visi Zero to Hero.

Tak hanya menghadirkan produk kuliner dan fashion, MTF Market juga diramaikan dengan berbagai performance hingga lomba menarik di sepanjang kegiatan.

Pengunjung bisa menikmati berbagai pertunjukan menarik sambil berbelanja dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Ada petugas protokol yang memantau pengunjung.

Bazar ini diikuti puluhan tenant dari berbagai kota. CEO terkini.id, Adhi Santoso mengatakan pagelaran MTF Market Harajuku 2022 merupakan upaya menumbuhkan UMKM, terutama bagi mereka yang belum memiliki toko.

“Apa itu MTF Market Harajuku 2022. Tidak ada kepanjangannya. Kita ingin orang penasaran dan mencari tahu,” ujar Adhi Santoso, Rabu, 23 Februari 2022.

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama 2 tahun. Adhi mengatakan hampir semua bisnis terpengaruh, PHK di mana-mana dan orang kehilangan penghasilan.

“Tetapi kita tahu ada begitu banyak keberuntungan dalam bisnis kuliner. Hari ini open Pre-Order (PO) jadi tren, kita ingin saling membantu. Kita mengundang UMKM yang belum memiliki toko,” tutur Adhi.

Menurutnya, bila UMKM bertumbuh di masa sulit maka ekonomi bisa jadi lebih baik. Kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan dengan pembayaran melalui QRIS.

“Kami berterimah kasih kepada BNI karena bisa membantu UMKM lewat pembayaran digital. Kita juga membantu lewat marketing, kami jembatani untuk support UMKM dengan bank,” tuturnya.

Menurutnya, setiap kota besar selalu memiliki aktivitas untuk membangkitkan pelaku UMKM. Menurutnya, potensi pariwisata alam di Kota Makassar terbatas.

Seluruh UMKM yang tergabung dalam MTF Market menerapkan tenant secara digital. Hal itu untuk menghindari dan menekan penularan Covid-19.

“Bisa menggunakan QRIS atau layanan transaksi digital BNI, ini langkah sangat nyata menekan penularan Covid-19 dan mengurangi penipuan,” ucap Adi.

Adhi mengamati penggunaan teknologi digital bisa menjadi momentum bagi UMKM untuk kembali bangkit di tengah keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

Kehadiran pandemi menuntut sektor usaha untuk lebih adaptif terhadap perkembangan dunia yang semakin dinamis. Sebab itu, UMKM perlu memasuki ekosistem digital.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kota Makassar Irwan Bangsawan mengusulkan kegiatan MTF tak hanya digelar satu kali dalam satu tahun. Menurutnya, pagelaran MTF membawa angin segar bagi pelaku UMKM di tengah pandemi.

“Pameran seperti ini harus terus berlanjut untuk menopang UMKM kita,” paparnya.

Di sisi lain, ia mengatakan pandemi Covid-19 mengalami peningkatan yang signifikan. Pada bulan Januari tanggal 22 Januari hanya ada 5 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Namun pada 23 Februari 2022 bertambah jadi 1082. Kendati cukup mengkwatirkan, Irwan mengatakan BOR rumah sakit masih terkendali.

“Mereka melakukan isolasi mandiri, 5 hari kemudian sudah sudah negatif. Ini menandakan herd Immunity mulai terbentuk, kurang lebih 90 persen sudah vaksin pertama dan 60 persen vaksinasi kedua,” kata dia.

 Komentar

 Terbaru

Peristiwa20 Mei 2022 02:24
Lansia Tewas Setelah Dipergoki Mencuri di Areal Tambang di Bantaeng, Tiga Polisi Diperiksa
Nasib malang menimpa seorang pria lanjut usia (lansia) bernama Nuru Saali (78) di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kabarnya, ia tewas us...
News19 Mei 2022 23:55
Pelat Palsu Marak Beredar di Sulsel, Ada Pembiaran?
Aturan pemberlakukan tersebut memang sudah ada yakni mengacu pada Peraturan Polri (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi (Reg...
News19 Mei 2022 22:47
Bupati Pinrang Terpilih Memberikan Testimoni Di Rakornas BAN S/M
MAKASSAR — Bupati Pinrang, Irwan Hamid bersama Bupati Gowa dan Bupati Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah diundang dan terpilih untuk memberikan t...
Hukum & Kriminal19 Mei 2022 22:43
Berdamai, Ini Syarat Yang Diajukan Pelajar Korban Penganiayaan Di Pinrang Yang Videonya Viral Di Medsos
PINRANG – Penganiayaan yang dilakukan seorang pelajar laki-laki SMA Negeri 9 Cempa Kabupaten Pinrang terhadap. seorang pelajar perempuan tyang t...