Logo Lintasterkini

Ledakan di Kampung Melayu, Begini Tanggapan Kriminolog

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 25 Mei 2017 10:42

Aparat kepolisian berjaga di lokasi ledakan
Aparat kepolisian berjaga di lokasi ledakan

JAKARTA – Ledakan bom yang terjadi di Kampung Melayu, Jakarta Timur  Rabu (24/5/2017) malam, disinyalir disebabkan banyaj faktor yang memicunya. Kriminolog Universitas Indonesia (UI), Adrianus Meliala menduga dapat saja ledakan itu bernuansa politis.

Sebab dari sejarahnya, teror selalu bernuansa politis. Apalagi bom tersebut memiliki daya ledak yang merusakkan.

“Tidak pernah bom bertujuan semata-mata untuk lukai orang, lebih kepada suatu simbol politik,” ujarnya.

Sementara dari segi pelaku, bom bisa dilakukan pemain lama dan pemain baru. Untuk pemain lama, potensi pelaku mengarah kepada Islamic State Irak and Syria (ISIS).

Potensi itu cukup besar mengingat ISIS memiliki kemampuan dari segi pembuatan bom dan pendanaan. “Dewasa ini yang mungkin melakukannya adalah dia (ISIS). Kalau kelompok lain sudah kembang kempis, tinggal itu yang masih kuat. Atau mungkin juga ini bentuk keadaan terdesak dengan melawan berbagai cara,” duga Adrianus.

Ada juga kemungkinan bom tersebut berkaitan dengan bom di negara lain. Salah satunya yang terjadi di Manchester Arena, London, Inggris, saat konser Ariana Grande, Senin (22/5/2017). “Pemain lama belum semuanya terguling. Kalau kita lihat ada kasus bom Manchaster, jangan-jangan ada semacam jaringan,” ucapnya.

Sementara dugaan dilakukan pemain baru ada tiga faktor kemungkinan. Pertama berkaitan dengan momen Pilkada 2017 kemarin. Kedua, konflik horizontal terkait Kebhinekaan. Ketiga, untuk menyasar tokoh-tokoh yang tidak disenangi.

“Mungkin sisa-sisa saat Pilkada, demikian pula soal konflik horizontal, atau ketidaksenangan terhadap beberapa tokoh. Itu mungkin juga semacam alasan,” pungkasnya.

Pelaku bom bunuh diri sendiri teridentifikasi bernama Vicky Kurniyanto (20), warga Kampung Cibodas RT 01/01 Cibodas, Tangerang.

Akibat ledakan bom bunuh diri di Kampung Melayu, arus lalulintas mengalami kemacetan cukup panjang hingga menuju bandara Soekarno Hatta. (*)

 Komentar

 Terbaru

News28 Maret 2024 14:20
Pj Gubernur Sulsel Luncurkan Program Sedekah Pohon di Bone
BONE – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, meluncurkan program Sedekah Pohon untuk masyarakat Sulsel. Gerakan ini diklaim menjadi yang perta...
News28 Maret 2024 14:05
Pj Gubernur Sulsel Ajak Masyarakat Berbagi Bahagia pada Peringatan Nuzululqur’an
BONE – Peringatan Nuzululqur’an pada 17 Ramadan 1445 H/2024 M Pemprov Sulsel dipusatkan di Kabupaten Bone, Rabu (27/3/2024). Pelaksanaanny...
News28 Maret 2024 12:28
Jelang Lebaran, Perumda Parkir Makassar Imbau Jukir Tidak Naikkan Tarif Parkir
MAKASSAR – Perumda Parkir Makassar mengimbau jukir resmi tidak menaikkan tarif parkir kendaraan yang telah diatur dalam Perda 17/2006 dan ditet...
News28 Maret 2024 12:27
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah di Cahaya Bone Melalui Layanan Same Day Delivery
MAKASSAR – Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada mas...