Logo Lintasterkini

Makassar Tanpa Malam Minggu Diberlakukan, Kasus Covid-19 Tembus 50 Orang Sehari

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Jumat, 25 Juni 2021 22:35

Moh Ramdhan Pomanto.
Moh Ramdhan Pomanto.

MAKASSAR — Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Makassar terus mengalami kenaikan beberapa hari terakhir. Wacana tanpa malam Minggu mulai dipertimbangkan.

Data sejak 19 Juni, kasus terkonfirmasi positif mulai mengalami kenaikan yakni 26 kasus. Kemudian pada 20 Juni naik lagi 39 kasus.

Jumlah terkonfirmasi positif sempat mengalami penurunan pada 21 Juni yakni 14 kasus. Tetapi langsung naik lagi cukup signifikan sebanyak 104 kasus.

Selanjutnya pada 23 Juni kasus terkonfirmasi positis sebanyak 89 kasus. Lalu pada 24 Juni turun lagi menjadi 48 kasus dan kembali naik sebanyak 73 kasus pada 25 Juni.

Sementara, hingga saat ini angka Reproduksi Efektif (Rt) Makassar berada di angka 1,53. Naik cukup tinggi jika dibandingkan pada 19 Juni lalu yang berada di angka 0,93.

Peningkatan kasus ini sempat diwanti-wanti Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. Ada beberapa opsi yang disiapkan, salah satunya meniadakan seluruh aktivitas pada malam Minggu.

Danny—sapaan Moh Ramdhan Pomanto— mengatakan, seluruh aktivitas pada malam Minggu di Kota Makassar bakal ditiadakan jika kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di atas 50 orang dalam sehari.

“Khusus malam Minggu saya matikan kalau sampai 50 kasus per hari,” kata Danny, beberapa hari lalu.

Opsi Makassar tanpa malam Minggu ini disebutnya adalah cara menangani peningkatan penularan Covid-19 dengan bertahap. Bukan dengan “rem mendadak”.

Sebab menurutnya, jika langsung dilakukan pembatasan secara besar-besaran maka akan sangat merugikan. Tak hanya dirasakan pengusaha, tetapi juga masyarakat secara keseluruhan.

“Ekonomi bisa tengkurap lagi kalau kita ambil kebijakan itu,” imbuh Danny.(*)

Penulis : Herwin Bahar

 Komentar

 Terbaru

Bersama Melawan Covid-1930 Juli 2021 00:02
Sinergitas dengan Kampus, Kapolrestabes Makassar Ajak Mahasiswa Vaksin
Witnu juga menambahkan bahwa semoga vaksin yang disalurkan untuk mahasiswa STMIK Handayani akan mencover sehingga tidak mudah untuk terpapar pandemi c...
Hukum & Kriminal29 Juli 2021 23:48
Polda Sulsel Akhirnya Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi RS Batua Makassar
MAKASSAR– Kasus dugaan korupsi proyek RS Batua Makassar terus berlanjut dalam penyelidikan polisi. Kali ini, Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel ki...
News29 Juli 2021 23:09
Plt Gubernur Apresiasi Kakek 67 Tahun di Makassar yang Bersepeda Belasan Kilo demi Vaksinasi
MAKASSAR– Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menemui seorang kakek yang rela bersepeda untuk mendapatkan vaksin. Perjuangannya diapres...
News29 Juli 2021 22:53
Wali Kota Makassar Bakal Naikkan Insentif Satgas Pengangkut Jenazah Corona
MAKASSAR– Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan (Danny) Pomanto akan menaikkan insentif tim satgas pengangkut jenazah covid-19. Tingginya kasus kemati...