Logo Lintasterkini

Cahaya Bone-Pemkab Bulukumba Kolaborasi dalam Pengembangan Pariwisata

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 25 Juli 2023 08:43

Cahaya Bone-Pemkab Bulukumba Kolaborasi dalam Pengembangan Pariwisata
Cahaya Bone-Pemkab Bulukumba Kolaborasi dalam Pengembangan Pariwisata

MAKASSAR – Cahaya Bone bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba berkolaborasi dalam pengembangan pariwisata. Dukungan tersebut diberikan dalam bentuk layanan transportasi yang dapat menjangkau langsung sejumlah destinasi wisata.

Saat ini, Cahaya Bone telah menyediakan rute reguler dari Kota Makassar ke Tanjung Bira yang bertujuan untuk mendukung aksesbilitas masyarakat ke kawasan tersebut. Jenis busnya pun beragam, baik untuk perjalanan individu maupun rombongan.

“Sebagai salah satu perusahaan bus pariwisata di Sulawesi Selatan. Secara bertahap, kami bersama pemerintah daerah dan masyarakat setempat akan berkolaborasi untuk mengembangkan layanan bus reguler di berbagai lokasi wisata di Sulawesi Selatan. Saat ini, selain Tanjung Bira, kami sedang mengembangkan rute perjalanan ke kawasan wisata lainnya yang ada di Kabupaten Bulukumba,” ungkap Muh. Ahnan Jahja, Marketing Cargo & Passanger Assistant Manager Cahaya Bone.

Manajemen Cahaya Bone pun telah bersilaturahmi langsung bersama pihak Pemkab Bulukumba melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Bulukumba, Muh. Ali Saleng dan Sekretaris Disparpora Kabupaten Bulukumba, Muhammad Akil pada Selasa (18/7/2023) lalu. Sejak pembukaan rute reguler dari Makassar ke Bira pada Juni 2023 lalu, Cahaya Bone melayani rata-rata 40 wisatawan yang berkunjung ke Tanjung Bira setiap akhir pekan. Adapun harga tiket bus untuk rute Makassar-Bulukumba mulai dari Rp130 ribu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bulukumba, Muh. Ali Saleng mengapresiasi dukungan Cahaya Bone terhadap pemerintah daerah karena telah membantu menyediakan sarana transportasi langsung ke Tanjung Bira. Dukungan tersebut juga menjadi pola kerja sama yang baik untuk mendukung pengembangan objek wisata lainnya.

“Bulukumba kaya akan potensi wisata, mulai dari gunung hingga laut. Saat ini kami memiliki 96 titik rencana pengembangan pariwisata sehingga banyak alternatif yang bisa kita siapkan untuk para wisatawan yang masuk di Bulukumba,” tutur Ali.

Sekretaris Disparpora Kabupaten Bulukumba, Muhammad Akil pun mendukung semangat kolaborasi antara Cahaya Bone dan Pemkab Bulukumba. Pengembangan pariwisata di Bulukumba telah tertuang dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Nomor 21 Tahun 2012 yang dimana wilayah Bonto Bahari menjadi pusat pengembangan strategis pariwisata di Bulukumba yang berpusat di Tanjung Bira.

“Bulukumba memiliki seluruh aspek pariwisata mulai dari wisata pantai di Bonto Bahari, wisata pegunungan di Kahayya, wisata budaya di Kajang dan wisata religi di Bonto Tiro. Tentu saja, keberadaan Cahaya Bone menjadi salah satu solusi untuk mendukung transportasi kepariwisataan di Bulukumba,” tutur Akil.

Masyarakat yang memiliki kebutuhan bus pariwisata maupun pengiriman kargo dapat mengunjungi langsung kantor pusat Cahaya Bone yang berlokasi di jalan Andalas No. 37, Makassar. Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Kalla Care dengan nomor 0411 300 0103, Whatsapp dengan nomor 0811 4414 030 atau melalui Instagram @cahayabone_official. (*)

Penulis : Azho

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan19 April 2024 20:15
Program Beasiswa KALLA Dibuka Hingga 30 April 2024 untuk Mahasiswa Sulsel, Sulbar, Sulteng dan Sultra
MAKASSAR – Melihat presentasi putus kuliah di Indonesia Timur yang semakin tinggi, LAZ Hadji Kalla kembali menghadirkan program pemberian bantua...
News19 April 2024 18:10
Hati-hati! Akun Facebook Catut Nama Wali Kota Makassar Berkedok Donatur
MAKASSAR – Sebuah akun Facebook yang mencatut nama Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, beredar di Facebook. Akun yang ...
News19 April 2024 17:33
Jumat Sehat, GMTD Gelar Senam Sehat Bersama di Green River View 
MAKASSAR – PT Gowa Makassar Tourism Development,Tbk (GMTD) mengajak warga bersama karyawan PT GMTD melakukan kegiatan senam bersama setelah lebi...
News19 April 2024 16:05
Pj Gubernur Bahtiar Dianugerahi Gelar Adat Daeng Mappuji dari Dewan Adat Saoraja Bone
BONE – Dewan Adat Saoraja Bone menganugerahkan gelar adat kepada Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. Dengan nama Daeng Mappuji, gelar ini me...