Logo Lintasterkini

Satpolair Polres Bontang Amankan Pria Asal Barru Serta 30 Kg Daging Penyu

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 25 September 2022 13:29

Pria asal Barru, Sulawesi Selatan yang diamankan
Pria asal Barru, Sulawesi Selatan yang diamankan

BONTANG – Aparat Satpolair Polres Bontang menangkap pelaku perburuan penyu dilindungi berinisial R (50), Jumat (23/9/2022). Dari tangan pria asal Barru, Sulawesi Selatan itu, aparat mengamankan sedikitnya 30 kilogram daging penyu yang sudah dikuliti.

Tersangka ditangkap di atas Kapal Motor (KM) Putri Api saat sedang berlabuh di Kampung Makassar Kelurahan Berbas, Kota Bontang. Kasat Polair Iptu Edy Mujiyanto mengungkapkan, penangkapan bermula dari laporan adanya kapal yang mengangkut daging penyu di sekitar Kampung Makassar.

Petugas Satpolair yang menindaklanjuti laporan tersebut kemudian mencurigai sebuah kapal yang diawaki tersangka dan kemudian melakukan penggeledahan.

“Laporan adanya pemburu penyu kami tindak lanjuti dengan melakukan patroli dan mengawasi semua kapal yang ada. Petugas curiga dengan kapal yang diawaki tersangka dan kemudian dilakukan penggeladan,” jelasnya dikutip Inews, Minggu (25/9/2022).

Dari hasil penggeledahan, Satpolair Polres Bontang menemukan satu buah karung ukuran 50 kg di dalam sebuah box ikan di bagian buritan kapal. Setelah dibongkar, karung tersebut berisi daging yang diduga dari penyu yang digarami.

Setelah ditimbang, daging penyu tersebut mencapai 30 kilogram. Pelaku dan barang bukti kemudian diamankan ke Mako Satpolair Polres Bontang. Petugas juga menyita satu unit kapal berkapasitan 6 grosston yang digunakan tersangka.

“Pelaku diancam dengan Pasal 40 ayat (2) Jo pasal 21ayat (2) huruf b UU Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem,” pungkasnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

News30 November 2022 14:31
Wakapolda Sulbar dan Forkopimda Sulbar Hadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022
MAMUJU – Wakapolda Sulbar Brigjen R Umar Faroq menghadiri pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022 bersama segenap Forkopimda Provinsi Sulawesi Bar...
News30 November 2022 14:08
Hati-hati, Pinjam ‘Bendera’ Perusahaan Ikut Tender Bisa Kena Pidana
MAKASSAR – Sebelumnya praktek pinjam ‘bendera’ untuk mengikuti proses tender proyek pemerintah pengadaan Barang dan Jasa milik pemer...
News30 November 2022 13:02
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Polda Sulbar Gelar Latihan
MAMUJU – Melatih kemahiran dalam hal menembak, menjadi hal yang perlu dimiliki setiap anggota kepolisian. Terlebih lagi hal tersebut bertujuan g...
News30 November 2022 12:30
Masyarakat Butuh “Vaksinasi” agar Tak Terjebak Hoaks Pemilu 2024
JAKARTA — Menjelang Pemilu 2024, hoaks politik semakin meningkat. Temuan Mafindo sejak Januari hingga September 2022 (1.290 hoaks), hoaks politik pa...