Logo Lintasterkini

Dahlan Iskan, Ranjau Bagi Parpol Menyongsong Pemilu 2014

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 25 Oktober 2012 18:07

Dahlan Iskan
Dahlan Iskan

Dahlan Iskan

JAKARTA-Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Jakarta – Kalangan DPR sedang ramai-ramai mengkritisi kinerja Menteri BUMN Dahlan Iskan. Rupanya Dahlan Iskan dipandang sebagai ranjau yang bisa mengganjal kepentingan parpol menyongsong Pemilu 2014.

“Ini bisa dimaknai politis ya karena memang kita menyongsong Pemilu 2014 kan hitung-hitungan politik sudah ada. Mereka dihadapkan pada suatu dilema bagaimana menghadirkan calonnya dan bagaimana memenangkan calonnya baik di Pileg ataupun Pilpres,” kata pengamat politik LIPI, Siti Zuhro, kepada detikcom, Kamis (15/10). Hal ini disampaikan Siti menanggapi sikap keras Komisi VI dan VII DPR terhadap Dahlan.

Hubungan DPR dengan Dahlan kian memanas pasca turunnya surat edaran pemerintah kepada kementerian dan BUMN agar menghindari kongkalikong dengan DPR. Padahal DPR saat ini juga sedang mengungkit-ungkit kebijakan Dahlan saat menjadi Dirut PLN. Menurut Siti, sebenarnya kinerja Dahlan Iskan nyaris tanpa cela. Lalu kenapa DPR murka terhadap Dahlan yang secara tegas melaksanakan surat edaran Seskab dan segera meminta semua direksi BUMN untuk menjauhi kongkalikong dengan DPR?

“Karena siapa yang dinilai menghambat, menjadi ranjau bagi partai dalam upayanya untuk memunculkan calonnya dan sebagainya itu yang memaksa mereka untuk menggoyang dengan keras Dahlan. Sebenarnya dari segi kinerja dan apa adanya, tidak ada yang patut dikritisi, yang proporsional-lah,” katanya.

Sikap keras parpol melalui anggotanya di DPR ini, menurut Dahlan, bisa berakibat buruk bagi citra parpol masing-masing. Karena kepercayaan publik terhadap parpol saat ini tengah berada di titik bawah. Harusnya kalangan DPR justru mendukung upaya pemberantasan kongkalikong pembahasan anggaran.

“Parpol harus berhati-hati karena parpol ini yang di ambang klimaks ketidakpercayaan masyarakat. Justru seharusnya mereka berperilaku positif menunjukkan keberpihakan kepada rakyat, bukan membuat kontroversi bahkan resistensi dari masyarakat,” tandasnya. (dtc)

 Komentar

 Terbaru

News25 Mei 2024 22:36
SAR Gabungan Evakuasi Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng
MAKASSAR – Satu dari empat orang yang tengah mendaki gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa telah dievakuasi pada Sabtu (25/5) oleh tim sar gabungan...
News25 Mei 2024 21:50
Personel Sat Lantas Polres Sidrap Beri Teguran ke Pengendara yang Tidak Tertib Berlalu Lintas dengan Humanis
SIDRAP – Personel Satuan Lalu Lintas Polres Sidrap memberikan teguran dengan cara humanis saat mendapati pengemudi mobil yang melanggar aturan l...
News25 Mei 2024 10:10
KJS Gelar Workshop dan Apresiasi Jurnalis
MAKASSAR – Komunitas Jurnalis Sulsel (KJS) kembali menggelar “Workshop dan Apresiasi Jurnalis” minggu 26 Mei 2024. Dalam kegiatan in...
News25 Mei 2024 08:15
Pj Gubernur Zudan Dukung Festival Anak Sholeh Indonesia di Bantaeng
MAKASSAR – Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XII Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan tema Santri Hebat: Hebat Prestasi, Hebat Mengaji, dan Bera...