Logo Lintasterkini

FKM Unhas Gelar Workshop Penilaian Risiko Kesehatan

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 25 Oktober 2018 08:54

Workshop Penilaian Risiko Kesehatan
Workshop Penilaian Risiko Kesehatan

MAKASSAR – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menggelar Health Risk Assessment Workshop di Ruangan K225 FKM Unhas, Rabu (24/10/2018). Kegiatan yang merupakan rangkaian acara the 3rd International Conference on Environmental Risk and Public Health (ICER-PH) ini menghadirkan 4 orang narasumber.

Dua fasilitator merupakan pakar environmental health and safety dari The University of Adelaide, Australia yaitu Prof. Dino Pisaniello dan Dr. Len Turczynowicz, dan dua orang dosen FKM Unhas yaitu Anwar Mallongi, M.Sc, Ph.D dan Yahya Thamrin, MOHS, Ph.D.

Kegiatan ini diikuti oleh 57 peserta yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi dan instansi pemerintah diantaranya Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Tadulako Palu, Universitas Halu Oleo Kendari, Universitas Cenderawasih Jayapura, dan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Kota Makassar. Menurut Ketua Panitia Workshop Dr. Hasnawati Amqam kegiatan ini dimaksudkan agar peserta mampu melakukan penilaian risiko lingkungan, termasuk risiko di tempat kerja.

“Workshop ini memberikan pengalaman bagi peserta untuk melakukan penilaian langsung di tempat kerja. Selain materi, tadi kita berkunjung ke PT KIMA dan diterima secara baik oleh Ketua Divisi Kesehatan Lingkungannya”, tutur Dr. Hasnawati yang juga dosen di Departemen Kesehatan Lingkungan FKM Unhas.

Workshop yang dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FKM Unhas, Ansariadi, Ph.D ini dimulai dengan pemaparan tentang pengenalan penilaian risiko kesehatan lingkungan. Materi berikutnya tentang hukum dan regulasi terkait di bidang risiko kesehatan, dan penilaian risiko kesehatan lingkungan bagi manusia, termasuk penilaian risiko bahan kimia.

Salah satu fasilitator, Yahya Thamrin, MOHS, Ph.D, yang juga dosen di Departemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) FKM Unhas, berpendapat keterampilan penilaian risiko ini sangat perlu dimiliki oleh akademisi di bidang K3 dan mereka yang bekerja di perusahaan.

“Kegiatan ini sangat penting. Karenanya, kita menghadirkan dua narasumber dari The University of Adelaide yaitu Prof. Dino Pisaniello dan Dr. Len Turczynowicz. Keduanya merupakan pakar di bidang kesehatan lingkungan. Harapannya, peserta bisa menyebarluaskan keterampilan ini kepada mahasiswanya atau ke pihak perusahaan. Peserta mendapatkan materi di kelas lalu kita kunjungan ke PT KIMA untuk praktik assessment risiko”, tutup Yahya Thamrin, MOHS, Ph.D. (*)

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

Bersama Melawan Covid-1928 Januari 2022 12:10
Stock Booster di Makassar Capai 14.830 dosis
MAKASSAR – Stock vaksin booster di Kota Makassar saat ini mencapai 14.830 dosis. Masyarakat dapat memperolehnya di 83 titik layanan vaksinasi Co...
News27 Januari 2022 19:39
PD Parkir Makassar Jalin Kerjasama PDAM Kelola Perparkiran
MAKASSAR – PD Parkir Makassar Raya menjalin kerjasama dengan Perusda PDAM Makassar untuk mengelola perparkiran pada kawasan unit kerja mereka. P...
News27 Januari 2022 09:29
Demo depan Eks Pabrik Patun Makateks, Mahasiswa Saling Dorong dengan Warga
Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pemerhati Rakyat Sulsel, terlibat saling dorong dengan warga di pintu masuk halaman eks pabri...
Hukum & Kriminal27 Januari 2022 09:18
Cari Pembuat Surat Kematian Palsu, Allung Padang Buat Seyembara Hadiah Ratusan Juta
Tidak hanya mendesak penyidik Polres Palopo mengungkap pembuat surat palsu itu, ia juga membuat sayembara kepada masyarakat yang dapat mengungkap dan ...