Logo Lintasterkini

Bentuk Satgas Raika, Danny Harap Bisa Maksimal Urai Keramaian

Budi S
Budi S

Senin, 26 April 2021 23:25

Rapat Koordinasi Pembahasan Penanganan Covid-19 di Makassar
Rapat Koordinasi Pembahasan Penanganan Covid-19 di Makassar

MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar telah membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Pengurai Kerumunan (Raika).

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto berharap, agar kerja-kerja Satgas Raika maksimal. Bisa mengurai keramaian di tempat-tempat umum secara massif dan persuasif.

Satgas Raika sendiri akan turun langsung menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan (prokes). Utamanya di cafe-cafe, warkop dan pusat perbelanjaan lainnya.

“Jadi Satpol kita turun langsung mengurai keramaian yang ada. Kita harus terus sosialisasikan protokol kesehatan dengan ketat. Sesuai salah satu garis besar terciptanya Makassar Recover yakni adaptasi sosial,” kata Danny Pomanto saat memimpin rapat koordinasi, Senin (26/04/2021).

Rapat koordinasi itu dihadiri Ketua Makassar Recover, Plh Kepala Dinas Pariwisata, Plt Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Perhubungan, Kasatpol PP dan seluruh Master Recover Covid-19.

Danny Pomanto juga berharap, agar Satgas Raika mengingatkan masyarakat untuk tidak mudik lebaran Idul Fitri 1442 H.

Dia khawatir, pada momentum libur lebaran malah dapat meningkatkan angka penularan covid-19. Apalagi menurutnya, sudah ada contoh kasus yang terjadi di India. Lonjakan kasus sangat signifikan.

“Kita ikuti instruksi pusat, ini usaha pemerintah untuk mengurangi lonjakan covid-18. Ini wajib kita laksanakan. Seluruh ASN, kontrak sekali pun tidak ada yang mudik. Kita belajar dari India,” pungkasnya.

Harapan lainnya juga diutarakan Danny Pomanto, agar Makassar menjadi kota pertama yang dapat keluar dari krisis masa pandemi covid-19 di Indonesia.

Juga terjadi pemulihan ekonomi melalui program multi inovasi Makassar Recover.

“Seminggu sebelum lebaran, tim detektor Makassar Recover akan turun langsung untuk mempercepat pergerakan Makassar Recover. Tim Raika juga punya tugas yang sangat penting dalam menentukan berhasil tidaknya Makassar keluar dari pandemi,” tandasnya.

Tidak lupa Danny Pomanto menekankan terkait dengan vaksinasi. Menyasar seluruh lapisan masyarakat, khususnya lansia, guru dan anak-anak.

Apalagi saat ini tengah dipersiapkan untuk melaksanakan proses belajar mengajar tatap muka.

“Event-event akan ditindaki lebih tegas jika mengadakan keramaian tanpa protokol kesehatan. Ijin pembuat kegiatan akan dicabut,” pungkasnya mengingatkan. (*)

 

 Komentar

 Terbaru

Menlu Singapura Kirim Surat Ucapan Selamat Idul Fitri ke Wali Kota Makassar
News07 Mei 2021 01:48
Menlu Singapura Kirim Surat Ucapan Selamat Idul Fitri ke Wali Kota Makassar
"Suratnya baru tiba tadi. Langsung diterima Pak Wali," sebut Plt Kabag Protokol Sekretariat Kota Makassar, Firman H Pagarra, Kamis malam (06/05/2021)....
Camat Biringkanaya Cek Kesiapan Pos Penyekatan di Batas Kota
Bersama Melawan Covid-1907 Mei 2021 01:12
Camat Biringkanaya Cek Kesiapan Pos Penyekatan di Batas Kota
"Bagi kendaraan ada pembatasan penumpang dan penerapan protokol kesehatan (prokes) covid-19. KTP dan surat-surat keterangan pendukung diperiksa," jel...
Kapolres-Bupati Pangkep Pantau Operasi Ketupat di Pos Penyekatan
Bersama Melawan Covid-1907 Mei 2021 00:38
Kapolres-Bupati Pangkep Pantau Operasi Ketupat di Pos Penyekatan
"Kami membuat lima pos. Dua pos penyekatan, satu pos pelayanan yang berada di Tugu Bambu Runcing, dan dua pos bantuan yang berada di pelabuhan Maccini...
Musrenbang Makassar Juga Fokus Penanganan Covid-19
Pemerintahan06 Mei 2021 23:59
Musrenbang Makassar Juga Fokus Penanganan Covid-19
RPJMD merupakan perencanaan pembangunan selama lima tahun dari visi-misi ADAMA akronim Danny-Fatma....