Logo Lintasterkini

Giant Resmi Tutup 31 Juli, Karyawan Sedih hingga Berpelukan sebagai Perpisahan

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Rabu, 26 Mei 2021 08:02

Giant Resmi Tutup 31 Juli, Karyawan Sedih hingga Berpelukan sebagai Perpisahan

MAKASSAR — Gerai supermarket Guant telah mengumumkan akan tutup di seluruh Indonesia mulai 31 Juli 2021. Membawa kesedihan bagi para karyawan.

Pengumuman tersebut disampaikan perusahaan ritel multiformat PT Hero Supermarket Tbk (Hero Group), Selasa (25/5/2021), kemarin.

Diketahui, Hero akan fokus ke merek dagang IKEA, Guardian, dan Hero Supermarket, yang memiliki potensi pertumbuhan lebih tinggi dibandingkan Giant.

Sontak hal ini membuat banyak masyarakat memberi respons. Termasuk karyawan yang selama ini bekerja di Giant.

Respons karyawan di Giant Dramaga Bogor, Jawa Barat misalnya. Mereka menyambut rencana penutupan itu dengan haru dan saling berpelukan dalam uanggahan video di TikTok Shinta Puspita.

Ia yang sering membuat konten tentang kesehariannya bekerja di Giant, memperlihatkan para karyawan duduk rapi memerhatikan pengumuman atasannya secara daring melalui sebuah layar besar.

“Akhirnya semua berakhir… RAKSASA tumbang #giantclosing” katanya dalam keterangan video yang telah ditayangkan 2,9 juta kali dalam 19 jam itu.

“Yaa Allah… Keputusan terakhir,” tulisnya lagi, di tengah video ia bersandar ke bahu kawannya yang sedang menghapus air mata.

Tampak juga kawan lainnya yang memeluknya sambil menangis, di tengah puluhan karyawan berseragam Giant lainnya.

Menurut Shinta, dalam unggahan berikutnya, para karyawan menerima dana pensiun tanpa kekurangan sama sekali meski tempat kerjanya harus bubar.

“Di saat Covid kemarin pun gaji kita masih full, THR, bonus juga masih full,” ujar Shinta disambut anggukan teman-temannya di ruang kerja Giant.

“Sedih sih tapi kita harus semangat, karena hidup terus berjalan,” ujarnya.

Dikabarkan melalui rilis resmi Hero, sedikitnya lima gerai Giant akan menjadi IKEA, di samping pertimbangan sejumlah gerai Giant menjadi gerai Hero Supermarket.

“Keputusan besar seperti ini tidaklah mudah, tetapi kami percaya keputusan ini perlu diambil untuk kepentingan jangka panjang PT Hero Supermarket Tbk. dan para karyawan kami yang berada di bawah naungan perusahaan,” kata Presiden Direktur Hero Supermarket Patrik Lindvall, dalam keterangan pers tertulis.

“Seperti bisnis mumpuni lainnya, kami terus beradaptasi terhadap dinamika pasar dan tren pelanggan yang terus berubah, termasuk menurunnya popularitas format hypermarket dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia; sebuah tren yang juga terlihat di pasar global,” ujar dia juga.

Patrik mengatakan perusahaan tetap meyakini bahwa sektor peralatan rumah tangga, kesehatan, dan kecantikan, serta keperluan sehari-hari untuk kelas atas memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi.

“Dalam kurun waktu dua tahun, kami menargetkan akan menggandakan empat kali lipat jumlah gerai IKEA kami dibanding tahun 2020, serta membuka hingga 100 gerai Guardian baru hingga akhir tahun 2022,” tambahnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal26 Juli 2021 23:52
Dalam Sepekan, Satuan ResNarkoba Polres Pinrang Ungkap Empat Kasus
PINRANG – Dalam sepekan, Satuan ResNarkoba Polres Pinrang berhasil mengungkap 4 kasus penyalahgunaan narkoba di wilayahnya. Dari pengungkapan te...
News26 Juli 2021 23:36
Gempa Bumi Susulan Kembali Guncang Sulteng, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami
TOJO UNA-UNA– Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan berkekuatan magnitudo 6,5 pada h...
Hukum & Kriminal26 Juli 2021 20:40
Tak Terima Diputuskan, Dua Pemuda di Makassar Bakar Mobil Milik Mantan Pacarnya
MAKASSAR– Seorang pria berinisial MA (25) terpaksa harus meringkuk dibalik jeruji besi Mapolrestabes Makassar lantaran nekat membakar mobil mili...
News26 Juli 2021 20:18
PPKM Level 4 di Makassar: Kegiatan di Rumah Ibadah Tidak Dibolehkan
MAKASSAR — Aturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Makassar sudah dikeluarkan. Rumah ibadah belum dibolehkan berk...