Logo Lintasterkini

7 Tanda Orang Materialistis yang Suka Memanfaatkan Orang Lain

Redaksi
Redaksi

Rabu, 26 Juni 2024 08:10

Ilustrasi. (Foto: Pixabay/Sallyjermain)
Ilustrasi. (Foto: Pixabay/Sallyjermain)

LintasTerkini.com – Materialisme adalah sebuah pandangan hidup yang menekankan pentingnya harta benda dan kekayaan sebagai sumber kebahagiaan dan status sosial. Orang yang memiliki sifat materialistis cenderung menilai diri sendiri dan orang lain berdasarkan kekayaan materi yang dimiliki.

Dalam banyak kasus, sifat materialistis ini dapat menyebabkan perilaku yang tidak sehat, seperti memanfaatkan orang lain untuk keuntungan pribadi. Berikut adalah beberapa tanda orang materialistis yang suka memanfaatkan orang lain:

1. Mengutamakan Kepentingan Pribadi
Orang materialistis cenderung selalu mengutamakan kepentingan pribadi di atas segala hal. Mereka akan mencari cara untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, bahkan jika itu berarti harus memanfaatkan orang lain.

Misalnya, mereka mungkin berpura-pura berteman dengan seseorang hanya untuk mendapatkan akses ke sumber daya atau koneksi yang dimiliki oleh orang tersebut.

2. Manipulatif
Manipulasi adalah salah satu taktik yang sering digunakan oleh orang materialistis untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka pandai dalam merayu, membujuk, atau bahkan mengancam untuk mendapatkan keuntungan dari orang lain.

Mereka mungkin menggunakan pujian palsu atau membuat janji-janji yang tidak pernah mereka penuhi.

3. Kurang Empati
Orang yang materialistis sering kali menunjukkan kurangnya empati terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain. Mereka lebih fokus pada bagaimana orang lain dapat bermanfaat bagi mereka daripada memahami atau membantu orang lain.

Sikap ini membuat mereka tidak segan-segan menyakiti atau mengorbankan orang lain demi mencapai tujuan mereka.

4. Menilai Orang Berdasarkan Kekayaan
Seseorang yang materialistis cenderung menilai orang lain berdasarkan kekayaan dan status sosial mereka. Mereka lebih suka bergaul dengan orang-orang yang dianggap kaya atau berpengaruh, karena mereka melihat hubungan tersebut sebagai cara untuk meningkatkan status atau kekayaan mereka sendiri.

Mereka mungkin menghindari atau meremehkan orang yang dianggap kurang kaya atau tidak berpengaruh.

5. Suka Pamer Kekayaan
Orang materialistis biasanya suka memamerkan kekayaan mereka. Mereka sering kali menunjukkan barang-barang mewah, seperti mobil, pakaian, atau perhiasan, sebagai cara untuk mendapatkan perhatian dan pengakuan dari orang lain.

Mereka percaya bahwa dengan memamerkan kekayaan, mereka dapat menarik orang lain yang juga tertarik pada materi.

6. Sering Menggunakan Orang Lain sebagai Alat
Orang materialistis melihat orang lain sebagai alat untuk mencapai tujuan mereka. Mereka tidak segan-segan memanfaatkan orang lain untuk mendapatkan keuntungan materi.

Misalnya, mereka mungkin menjalin hubungan romantis dengan seseorang hanya untuk mendapatkan akses ke kekayaan atau status sosial orang tersebut.

7. Fokus pada Pengeluaran dan Gaya Hidup Mewah
Seseorang yang materialistis biasanya sangat fokus pada pengeluaran dan gaya hidup mewah. Mereka cenderung menghabiskan banyak uang untuk barang-barang mewah dan pengalaman eksklusif.

Dalam usaha untuk mempertahankan gaya hidup ini, mereka mungkin mencari cara untuk memanfaatkan orang lain demi mendapatkan uang atau sumber daya tambahan.

Kesimpulan
Materialisme yang berlebihan dapat menyebabkan perilaku yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Orang yang materialistis dan suka memanfaatkan orang lain sering kali menunjukkan tanda-tanda seperti mengutamakan kepentingan pribadi, manipulatif, kurang empati, menilai orang berdasarkan kekayaan, suka pamer kekayaan, sering menggunakan orang lain sebagai alat, dan fokus pada pengeluaran serta gaya hidup mewah.

Penting untuk mengenali tanda-tanda ini agar kita dapat melindungi diri dari orang-orang yang mungkin berusaha memanfaatkan kita untuk keuntungan pribadi mereka.

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis18 Juli 2024 19:43
Kalla Toyota Hadirkan Agya Limited Series, Angsuran 3 Jutaan dan Gratis Branding Special Edition
MAKASSAR – All New Agya menjadi salah satu kendaraan di segmen LCGC (Low-Cost Green Car) yang memiliki banyak peminat. City car ini menawarkan h...
News18 Juli 2024 18:19
Hendak Memancing di Perairan Bira Bulukumba, Tim Sar Gabungan Temukan Nelayan Hanyut di Perairan Jeneponto
MAKASSAR – H Salling (50), nelayan yang dilaporkan belum kembali melaut di perairan Bira Bulukumba akhirnya ditemukan Tim Sar Gabungan hanyut di...
News18 Juli 2024 13:59
Pelindo Regional 4 & Satgas Saber Pungli Sosialisasi Anti Korupsi di Pelabuhan
MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 bersama Satuan Tugas (Satgas) Saber Pungli Republik Indonesia menggelar Sosialisasi Penguatan...
Ekonomi & Bisnis18 Juli 2024 12:30
Tempuh ±800 Kilometer, Bank Indonesia Ajak Generasi Muda Sulawesi Selatan Perluas Digitalisasi Sistem Pembayaran
MAKASSAR – Bank Indonesia terus mengedukasi dan meningkatkan literasi masyarakat akan berbagai kebijakan dan produk digitalisasi sistem pembayar...