Logo Lintasterkini

Pertama di Indonesia, Basarnas Makassar Beri Perlindungan Jaminan Sosial Kepada Relawan SAR

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 26 Juli 2018 18:51

Pertama di Indonesia, Basarnas Makassar Beri Perlindungan Jaminan Sosial Kepada Relawan SAR

MAKASSAR – Sebagai wujud kepeduliaan terhadap Relawan Potensi SAR (Search And Rescue), Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas) Makassar gelar taken Mou bersama BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar, di Kantor Basarnas Makassar di Jalan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kamis (26/7/2018).

Bahkan dilansir, kerjasama tentang Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tersebut merupakan perihal pertama kali di Indonesia yang dipelopori Basarnas Makassar tentunya yang didedikasikan khusus kepada relawan kemanusiaan.

Kepala Kantor Basarnas Makassar Mustari SE Mm mengatakan tentunya digebrakan ini sebagai
wujud kepeduliaan kepada relawan, dalam hal ini potensi SAR di Makassar yang berasal dari berbagai lembaga yang senantiasa
turut serta dalam melakukan pencarian dan pertolongan pada setiap bencana . Seperti diantaranya kecelakaan Pesawat, kapal Tenggelam dan masih banyak jenis operasi lainnya.

“Kami ingin melindungi relawan-relawan yang secara sukarela selalu turut serta membantu kami dalam melakukan pencarian dan pertolongan korban secara sukarela Sehingga relawan kami ini patut diberikan penghargaan paling tidak saat ini kami harus memastikan keselamatan mereka juga dalam melakukan pencarian dan pertolongan korban,” tutur Mustari yang baru saja menjabat Kakansar ini.

Ditambahkan Mustari, perihal ini juga merupakan program pertamanya dalam menahkodai Basarnas Makassar. Dan tentu kedepannya, bakal digencarkan lagi, program yang berdedikasi mensejahterakan potensi SAR tentunya.

“Insya Allah kedepannya, kami akan terus mencanangkan berbagai program yang tentunya untuk memaksimalkan misi kemanusiaan dilapangan,” tuturnya.

Sementara itu Kepala kantor Cabang Makassar Asri Basir menambahkan kerjasama ini merupakan Kali Pertama dilakukan di Indonesia. Sehingga tentunya, lanjut dia, perihal tersebut patut diapresiasi baik dari sisi fasilitas pendaftaran, penjelasan manfaat dan m sebagainya.

“Kerjasama ini merupakan yang pertama di Indonesia, dan yang pertama melakukannya adalah Basarnas Makassar. Dalam hal ini yang peduli kepada relawan potensi SAR tentunya,”jelasnya.

Dijelaskannya, para relawan tersebut terdaftar dalam dua program yakni diantaranya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dengan Iuran hanya sebesar Rp. 16.800,- perorang perbulan.

“Dan per hari ini BPJS Ketenagakerjaan melalui BASARNAS Makassar telah memberikan perlindungan kepada 70 Orang Relawan yang berasal dari organisasi-organisasi di Makassar,” ujarnya. (*)

Penulis : Slamet

 Komentar

 Terbaru

News19 Juli 2024 07:54
Sulsel Siap Jadi Pilot Project Penerapan AI di Berbagai Sektor
MAKASSAR – Provinsi Sulawesi Selatan (siap) menjadi pilot project penerapan artificial intelligence (AI) di berbagai sektor, termasuk di sektor ...
News19 Juli 2024 07:51
President of Korika Akui Pj Gubernur Sulsel Pelaku Inovasi Teknologi AI
MAKASSAR – President of Korika, Prof. Dr. Ir. Hammam Riza, mengakui Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh, merupakan pelaku dalam inovas...
Pemerintahan19 Juli 2024 07:30
Kesra Kota Makassar Gelar Pelatihan Manajemen untuk 1.500 Pengurus Masjid
MAKASSAR – Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar menggelar Manajemen Pengelolaan Masjid kepada 1.500 pengurus...
News19 Juli 2024 07:30
Hari Kedua Operasi Patuh Pallawa, Bapenda Sulsel Tarik Rp798 Juta PKB
MAKASSAR – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Selatan (Sulsel) turut dilibatkan dalam Operasi Patuh Pallawa yang dicanangkan Kapolda Sul...