Logo Lintasterkini

Sejumlah Mall Sudah Wajibkan Pengunjung Untuk Scanning Barcode

Herwin Bahar
Herwin Bahar

Kamis, 26 Agustus 2021 23:04

Seorang pengunjung Mall Ratu Indah sedang melakukan scaning barcode sebelum masuk ke dalam mall
Seorang pengunjung Mall Ratu Indah sedang melakukan scaning barcode sebelum masuk ke dalam mall

MAKASSAR – Upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan mulai dibukanya mall, cukup mendapat antusias masyarakat Kota Makassar. Sejumlah mall pun sudah terlihat beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) sesuai instruksi pemerintah.

Pantauan Lintasterkini.com Kamis (26/8/2021) sejumlah mall telah menerima pengunjung. Salah satunya terlihat di Mall Ratu Indah (MaRI) Makassar. Namun, setiap pengunjung yang akan masuk diminta untuk melakukan scanning terhadap barcode yang ada di pintu masuk.

Barcode tersebut membuktikan bahwa pengunjung yang masuk telah disuntik vaksin Covid-19. Hal ini juga sesuai dengan instruksi Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto untuk melakukan pengetatan prokes dan hanya memperbolehkan pengunjung yang telah vaksin untuk masuk ke dalam mall.

Agar bisa melakukan scanning barcode, pengunjung harus mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Selanjutnya, Nomor Induk Kependudukan (NIK) sudah terdaftar sebagai penerima vaksin.

Ketua Satgas Covid-19 Kalla Group, Subhan Djaya Mappaturung yang ditemui di Mall Ratu Indah, Makassar mengatakan, pihaknya memang terus mengupayakan menjaga prokes dengan ketat. Yakni setiap pengunjung wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak jika masuk ke dalam mall.

“Tidak hanya itu saja, kami juga siapkan barcode yang harus di scan setiap masuk dan keluar dari mall. Hanya pengunjung yang sudah di vaksin yang boleh masuk ke dalam mall,” ungkapnya.

Dikatakan Subhan, Kalla Group sendiri terus mengedukasi pengunjung untuk tidak lengah dengan prokes. “Bahkan kami juga saat ini mengadakan gebyar vaksin gartis. Artinya, kami saat ini membuka layanan vaksinasi gratis di beberapa tempat selama dua hari yakni Jumat (26/8/2021) dan Sabtu (27/8/2021),” tambahnya.

Vaksinasi yang dilaksanakan di Mall MaRI Makassar

Subhan mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan IDI Kota Makassar dalam penyelenggaran vaksin gratis tersebut. Vaksinasi ini tersedia untuk dosis tahap pertama dan kedua. Adapun vaksin yang digunakan yaitu Sinovac.

Vaksin tahap pertama dilaksanakan di Pangkalan Taxi Bosowa Tamalanrea (Eks Mercedes), dan Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Antang. Sedangkan untuk penerimaan dosis tahap dua, dilaksanakan di empat lokasi, yaitu Wisma Kalla, Mal Ratu Indah, Nipah, dan Masjid Al Markaz.

Sementara itu salah seorang pengunjung mall MaRi, Suryanti menyambut baik sudah dibukanya mall dan pusat perbelanjaan. Menurutnya, sudah seharusnya warga selalu menjaga prokes agar penyebaran covid-19 bisa ditekan. “Kita bersyukur sudah bisa masuk mall lagi. Jadi sebaiknya memang kita menjaga prokes dengan baik. Sehingga kita tetap bisa beraktivitas di new normal sambil mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal18 September 2021 09:22
Tiga Tersangka Arisan Online, Korbannya 300 Orang
Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Jamal Fathur Rakhman, mengatakan, ketiganya sudah diamankan dan ditahan di Mapolrestabes Makassar untuk pem...
Peristiwa18 September 2021 08:57
Rumah Sekaligus Bengkel Terbakar di Paccerakkang, Kerugian Capai Rp 200 Juta
Satu unit rumah yang juga merupakan bengkel hangus terbakar di BTN Mangga Tiga, Kelurahan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Jumat (17/9/...
News17 September 2021 19:23
Ini Harapan Ketua PMI Makassar di HUT PMI Ke-76 Tahun
MAKASSAR – Memperingati hari palang merah Indonesia (PMI) ke-76, PMI Makassar mengikuti upacara bersama PMI pusat yang dilaksanakan secara virtu...
Nasional17 September 2021 16:57
Kompolnas Dorong Polri Terapkan Layanan Berbasis Online di Bidang Lalu Lintas
MAKASSAR– Demi memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan polisi Lalu Lintas secara online, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendorong ...