Logo Lintasterkini

Sulsel Ditargetkan Terapkan SOP Sistem Kesehatan 2013

Muh Syukri
Muh Syukri

Rabu, 26 September 2012 09:47

ilustrasi
ilustrasi

ilustrasi

MAKASSAR –Â Sulawesi Selatan ditargetkan sudah menerapkan standar operasional prosedur (SOP) sistem pelayanan kesehatan pada 2013.

“Hal ini untuk meningkatkan layanan kesehatan Sulsel, sekaligus mendukung program kesehatan yang sudah dijalankan dalam empat tahun terakhir,” kata Asisten Bidang Kesejahteraan Pemprov Sulsel Amal Natsir di Makassar, Selasa.

Menurut dia, SOP dalam pelayanan kesehatan penting dilaksanakan, sehingga pelayanan dapat optimal dan menekan angka ketidakpuasan pengguna jasa bidang kesehatan.

Hal tersebut dibenarkan Kepada Dinas Kesehatan Sulsel Dr dr Rahmat Latief di Makassar.

Dia mengatakan, SOP itu tidak mengatur tarif, namun standar pelayanan yang dilaksanakan di tempat-tempat pelayanan kesehatan, misalnya Rumah Sakit hingga tingkat puskesmas. “Karena itu tidak terlepas dari tingkat kepuasan pengguna jasa, maka setiap tahun kami juga melakukan survei tingkat kepuasan sejak 2008,” katanya.

Sementara hasil survei pada 2011, diakui masih tercatat sekitar 80 persen, karena adanya sejumlah kendala di lapangan diantaranya akses puskesmas atau rumah sakit yang cukup jauh dari pasien.

Hal itu, umumnya terjadi di daerah yang masih terbatas sarana dan prasarananya. Sementara lokasi survei tingkat kepuasan khusus pada periode 2012 dilaksanakan pada enam rumah sakit yang tersebar di kabupaten/kota di Sulsel, termasuk rumah sakit regional yang ada di Kota Makassar. (ant)

 Komentar

 Terbaru

Peristiwa20 Mei 2022 02:24
Lansia Tewas Setelah Dipergoki Mencuri di Areal Tambang di Bantaeng, Tiga Polisi Diperiksa
Nasib malang menimpa seorang pria lanjut usia (lansia) bernama Nuru Saali (78) di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kabarnya, ia tewas us...
News19 Mei 2022 23:55
Pelat Palsu Marak Beredar di Sulsel, Ada Pembiaran?
Aturan pemberlakukan tersebut memang sudah ada yakni mengacu pada Peraturan Polri (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi (Reg...
News19 Mei 2022 22:47
Bupati Pinrang Terpilih Memberikan Testimoni Di Rakornas BAN S/M
MAKASSAR — Bupati Pinrang, Irwan Hamid bersama Bupati Gowa dan Bupati Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah diundang dan terpilih untuk memberikan t...
Hukum & Kriminal19 Mei 2022 22:43
Berdamai, Ini Syarat Yang Diajukan Pelajar Korban Penganiayaan Di Pinrang Yang Videonya Viral Di Medsos
PINRANG – Penganiayaan yang dilakukan seorang pelajar laki-laki SMA Negeri 9 Cempa Kabupaten Pinrang terhadap. seorang pelajar perempuan tyang t...