Logo Lintasterkini

Sulsel Ditargetkan Terapkan SOP Sistem Kesehatan 2013

Muh Syukri
Muh Syukri

Rabu, 26 September 2012 09:47

ilustrasi
ilustrasi

ilustrasi

MAKASSAR – Sulawesi Selatan ditargetkan sudah menerapkan standar operasional prosedur (SOP) sistem pelayanan kesehatan pada 2013.

“Hal ini untuk meningkatkan layanan kesehatan Sulsel, sekaligus mendukung program kesehatan yang sudah dijalankan dalam empat tahun terakhir,” kata Asisten Bidang Kesejahteraan Pemprov Sulsel Amal Natsir di Makassar, Selasa.

Menurut dia, SOP dalam pelayanan kesehatan penting dilaksanakan, sehingga pelayanan dapat optimal dan menekan angka ketidakpuasan pengguna jasa bidang kesehatan.

Hal tersebut dibenarkan Kepada Dinas Kesehatan Sulsel Dr dr Rahmat Latief di Makassar.

Dia mengatakan, SOP itu tidak mengatur tarif, namun standar pelayanan yang dilaksanakan di tempat-tempat pelayanan kesehatan, misalnya Rumah Sakit hingga tingkat puskesmas. “Karena itu tidak terlepas dari tingkat kepuasan pengguna jasa, maka setiap tahun kami juga melakukan survei tingkat kepuasan sejak 2008,” katanya.

Sementara hasil survei pada 2011, diakui masih tercatat sekitar 80 persen, karena adanya sejumlah kendala di lapangan diantaranya akses puskesmas atau rumah sakit yang cukup jauh dari pasien.

Hal itu, umumnya terjadi di daerah yang masih terbatas sarana dan prasarananya. Sementara lokasi survei tingkat kepuasan khusus pada periode 2012 dilaksanakan pada enam rumah sakit yang tersebar di kabupaten/kota di Sulsel, termasuk rumah sakit regional yang ada di Kota Makassar. (ant)

 Komentar

 Terbaru

News27 Mei 2024 18:05
Gelar Hotman 911 di W Super Club Makassar, Hotman Paris Bantu Kasus Hukum di Makassar Secara Gratis
MAKASSAR – Pengacara ternama, Hotman Paris kembali mengadakan layanan bantuan hukum gratis di Makassar, Sulawesi Selatan, melalui program Hotman 911...
News27 Mei 2024 15:01
Ini 11 Jalanan di Enrekang  yang Rusak Parah, Satlantas Polres Enrekang Surati Balai Nasional
MAKASSAR – Pasca banjir dan longsor di Kabupaten Enrekang membuat sejumlah jalanan rusak parah. Tercatat ada 11 titik lokasi jalan yang rusak parah ...
Ekonomi & Bisnis27 Mei 2024 14:17
Segera Beli Tiket POV Festival Hanya di Kallafriends
MAKASSAR – Superapp Kallafriends menjalin kolaborasi sebagai official ticket partner dalam POV (Point of Views) Festival yang sudah membuka pembelia...
Hukum & Kriminal27 Mei 2024 13:37
Oknum Anggota Polda Sulsel Dilaporkan KDRT, Pelapor Terseret Hingga 10 Meter
MAKASSAR – Seorang oknum anggota Polri berinisial Bripda MA, yang bertugas di Satuan Pelayanan Markas (Yanma) Polda Sulsel, dilaporkan oleh istrinya...