Debat Pilwalkot Makassar Nyaris Ricuh Saat Tim Yel-yel Diduga Pakai Toa

Debat Pilwalkot Makassar Nyaris Ricuh Saat Tim Yel-yel Diduga Pakai Toa

MAKASSAR – Debat terbuka perdana kandidat Pilwalkot Makassar hampir berakhir ricuh akibat insiden antara tim pendukung, Sabtu (26/10/2024). Beruntung, pihak keamanan cepat bertindak untuk melerai ketegangan yang terjadi.

Kericuhan ini nyaris terjadi setelah pendukung pasangan calon nomor urut 2, Andi Seto Gadhista Asapa-Rezki Mulfiati Lutfi, selesai menyampaikan visi dan misi mereka di segmen pertama. Tim pendukung mereka kemudian meneriakkan yel-yel sebagai bentuk semangat.

Masalah muncul ketika tim pendukung pasangan calon nomor urut 1, Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham, keberatan dengan penggunaan pengeras suara oleh tim Seto-Rezki. Beberapa anggota tim Appi-Aliyah bahkan berusaha mendekati kursi pendukung Seto-Rezki.

“Ada toa (pengeras suara) yang dibawa masuk,” kata salah seorang pendukung paslon Appi-Aliyah.

Untungnya, pihak keamanan dan staf KPU Makassar yang siaga segera meredakan ketegangan di antara kedua pendukung. Mereka meminta semua pendukung untuk tenang dan duduk di kursi masing-masing.

Insiden tersebut sempat menghentikan jalannya debat. Moderator meminta semua pendukung untuk tetap tenang.

Setelah beberapa menit, ketegangan berhasil diatasi oleh pihak keamanan dan staf KPU. Debat kemudian dilanjutkan dengan pemaparan visi dan misi dari pasangan calon nomor urut 3, Indira Jusuf Ismail-Ilham Ari Fauzi. (*)