Logo Lintasterkini

Uang Rp 1,3 Miliar di Boks ATM Hilang

Muh Syukri
Muh Syukri

Rabu, 26 Desember 2012 21:13

Mall Panakukang yang terletak di Jalan Boulevard, Makassar.
Mall Panakukang yang terletak di Jalan Boulevard, Makassar.

Mall Panakukang yang terletak di Jalan Boulevard, Makassar.

MAKASSAR — Uang Rp 1,3 miliar di boks mesin ATM yang terletak di Mal Panakukang, Jalan Boulevard, Makassar, dilaporkan hilang, Rabu (26/12/2012). Namun, dari laporan sekuriti Certis Cisco—yang membawa boks—terdapat keganjalan sehingga aparat kepolisian mengamankan dan memeriksa pegawai tersebut di Polrestabes Makassar.

Wakil Kepala Satuan Reserse Kriminal (Wakasat Reskrim) Komisaris Polisi (Kompol) Anwar Hasan yang ditemui di Mal Panakukang saat melakukan olah tempat kejadian perkara mengatakan, pihaknya hanya menerima laporan dari petugas Certis Cisco yang menyatakan uang di salah satu boks mesin ATM yang baru saja diambilnya di lantai 2 hilang setelah disimpan di mobil, sedangkan uang di dua boks mesin ATM lainnya aman.

“Kita belum tahu pasti kasusnya. Tapi, kita masih selidiki dan memeriksa dua petugas Certis Cisco, yakni seorang anggota Brimob dan seorang sekuriti. Mereka diamankan di Polrestabes Makassar untuk diperiksa secara intensif,” katanya.

Anwar menjelaskan, dalam laporan petugas Certis Cisco, ada tiga boks penyimpanan uang mesin ATM yang diambil mereka untuk disetorkan ke bank masing-masing. Saat petugas Certis Cisco baru mengambil satu boks uang di mesin ATM dan kembali ke mobil Izusu Panther biru bernomor polisi Jakarta dan bertempelkan stiker Certis Cisco, yang bersangkutan kaget mendapati satu boks uang yang diperkirakan Rp 1,3 miliar sudah hilang .

“Belum pasti juga total uang yang ada di boks mesin ATM sebab ada yang berisi Rp 1 miliar lebih dan ada berisikan Rp 600 jutaan. Kata petugas Certis, boks yang berisikan yang Rp 1,3 miliar yang hilang. Tapi, kita masih dalami kasus ini sebab banyak keganjilan yang ditemukan. Peristiwa ini dilaporkan pada Rabu (26/12/2012) sekitar pukul 16.00 WITA saat pengunjung mal ramai,” ungkapnya.

Sementara itu, dari penulusuran di Mal Panakukan, tidak ada mesin ATM di lantai 2 dan lantai 3. Mesin ATM berada di lantai 1 yang menyatu semuanya di area ATM Center bagian depan mal yang berdekatan dengan pos pengamanan Lilin Lipu 2012.

Petugas sekuriti mal membenarkan adanya kabar uang di boks mesin ATM raib. “Kami tidak tahu kejadiannya bagaimana, tapi katanya ada laporan petugas Certis yang mengaku kehilangan uang miliaran rupiah. Terus kami bingung, mereka katanya habis ambil uang di mesin yang ada di lantai dua mal, tapi tidak ada mesin ATM di tempat yang maksudkan,” kata Irwansa, salah seorang petugas keamanan Mal Panakukang.  (kpc)

 Komentar

 Terbaru

News25 Mei 2024 22:36
SAR Gabungan Evakuasi Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng
MAKASSAR – Satu dari empat orang yang tengah mendaki gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa telah dievakuasi pada Sabtu (25/5) oleh tim sar gabungan...
News25 Mei 2024 21:50
Personel Sat Lantas Polres Sidrap Beri Teguran ke Pengendara yang Tidak Tertib Berlalu Lintas dengan Humanis
SIDRAP – Personel Satuan Lalu Lintas Polres Sidrap memberikan teguran dengan cara humanis saat mendapati pengemudi mobil yang melanggar aturan l...
News25 Mei 2024 10:10
KJS Gelar Workshop dan Apresiasi Jurnalis
MAKASSAR – Komunitas Jurnalis Sulsel (KJS) kembali menggelar “Workshop dan Apresiasi Jurnalis” minggu 26 Mei 2024. Dalam kegiatan in...
News25 Mei 2024 08:15
Pj Gubernur Zudan Dukung Festival Anak Sholeh Indonesia di Bantaeng
MAKASSAR – Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XII Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan tema Santri Hebat: Hebat Prestasi, Hebat Mengaji, dan Bera...