Logo Lintasterkini

Pakar HI Sebut Pemerintah akan Langgar HAM Jika Larang WN China Masuk Indonesia

Supriadi Lintas Terkini
Supriadi Lintas Terkini

Senin, 27 Januari 2020 07:19

Pengamat Hukum Internasional Hikmahanto Juwana. (ist)
Pengamat Hukum Internasional Hikmahanto Juwana. (ist)

Virus corona dikabarkan mulai menyebar ke beberapa negara yang membuat buntut gaduhnya dari berbagai kalangan.

Tak hanya itu, sebagian pihak di tanah air pun mendesak larangan warga negara China untuk memasuki wilayah Indonesia. Salah satunya, adalah politisi PDIP, TB Hasanuddin yang lantang menyuarakan untuk meminta pemerintah menutup sementara wisatawan asing masuk Indonesia agar wabah virus tersebut tak menyebar.

Sementara itu, pakar hubungan internasional dari Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana justru berpendapat sebaliknya. Ia mengatakan jika pemerintah melarang warga negara China masuk Indonesia, akan berpotensi melanggar HAM.

“Jadi pemerintah tidak bisa menutup masuknya WN asal China karena itu dianggap melanggar HAM dan bisa diprotes oleh pemerintah China menurut saya seperti itu,” kata Hikmahanto, dikutip dari rmol.id, Senin (26/1/2020).

Hikmahanto menjelaskan pemerintah Indonesia hanya bisa melakukan pencegahan secara intensif di pintu-pintu masuk Indonesia untuk mencegah masuknya virus mematikan dari Wuhan itu.

“Sebenarnya pemerintah hanya bisa melakukan pengecekan yang teliti ketika siapapun yang berasal dari China discan, apakah menderita demam tinggi atau tidak itu ajah dan biasanya bagian kesehatan punya alat deteksi itu,” kata Hikmahanto.

Lebih jauh, Hikmahanto menambahkan bahwa dengan melakukan pengecekan virus berbahaya itu, maka pemerintah tidak melakukan pelanggaran HAM.

“Nah olehnya itu jika ada yang terindikasi, maka harus dipisahkan dan langsung dibawa ke RS untuk dilakukan pengecekan. Dengan cara seperti itu tentunya HAM tidak terlanggar,” pungkasnya. (*)

 

Penulis : Supri Ganteng

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal20 Januari 2022 14:54
Polisi Tangkap Penyebar Video Mesum Pelajar di Tana Toraja
TORAJA – Aparat Reskrim Polres Tana Toraja melakukan penangkapan terhadap YP (22) karena diduga merekam dan menyebarkan video mesum. YP (22), ad...
News20 Januari 2022 13:30
Sampah di Jalan Deppasawi Dalam Dibersihkan, Warga Apresiasi Camat Tamalate
"Hampir setiap hari warga membuang sampah di lokasi tersebut karena melihat ada penumpukan sampah. Jadi warga mengira kalau tempat itu jadi tempat sam...
Hukum & Kriminal20 Januari 2022 10:08
Sempat Ditahan di Polres Palopo, Warga Palopo ini Minta Keadilan ke Presiden Jokowi
"Selama 56 hari dari sejak tanggal 31 Desember 2020 sampai dengan tanggal 28 Februari 2021 saya ditersangkan membuat dan memalsukan surat kematian ole...
Hukum & Kriminal20 Januari 2022 01:35
Klinik Kecantikan di Makassar Ini Sudah Palsukan 100 Lembar Hasil PCR
Ia ditahan setelah disangkakan dugaan pemalsuan hasil tes PCR COVID-19. Pelaku diamankan Polrestabes Makassar di klinik miliknya pada Jumat (14/1/2022...