Logo Lintasterkini

Pemkab Gowa Maksimalkan Pengadaan Barjas Lewat Toko Daring Mbizmarket

Fakra
Fakra

Selasa, 27 Februari 2024 20:36

Sosialisasi dan Refreshment penggunaan fitur pengadaan pada Mbizmarket Pemkab Gowa, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Selasa (27/2). (Foto:ist)
Sosialisasi dan Refreshment penggunaan fitur pengadaan pada Mbizmarket Pemkab Gowa, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Selasa (27/2). (Foto:ist)

GOWA – Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2021 lalu, seluruh pemerintah daerah se-Indonesia wajib meningkatkan belanja e-purchasing baik itu e-katalog maupun barang-jasa.

Hal inilah yang mendorong Pemerintah Kabupaten Gowa di tahun ini memaksimalkan pengadaan barang dan jasa (barjas) melalui toko daring yang bekerjasama dengan Mbizmarket.

Upaya tersebut dituangkan dalam Sosialisasi dan Refreshment penggunaan fitur pengadaan pada Mbizmarket, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Selasa (27/2).

Kepala Bagian Unit Pelayanan Barang dan Jasa Setkab Gowa, Aisyah Najamuddin, bahwa Kabupaten Gowa termasuk kabupaten yang gerak cepat untuk melaksanakan instruksi tersebut.

Dimana pada tahun 2022 lalu, Kabupaten Gowa masuk dalam beberapa kategori dan dan menjadi urutan 5 besar, ini dikarenakan, Gowa termasuk cepat dalam menanggapi Instruksi Presiden tersebut.

Untuk skala nasional, kata Aisyah, daerah dengan peringkat terbaik e-purchasing banyak ditemui di Pulau Jawa dan Kalimantan.

“Tapi kalau untuk peringkat di Sulawesi Selatan untuk belanja tertinggi e-purchasing Kabupaten Gowa masih dalam peringkat pertama,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, e-purchasing adalah tata cara pembelian barang/jasa melalui system catalog elektronik (e-catalogue) yang diselenggarakan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania mengatakan, tujuan dari pelaksanaan sosialisasi Mbizmarket ini untuk mengetahui penggunaan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) dalam Mbizmarket.

“Selain itu para perwakilan SKPD hingga kecamatan diberikan pemaparan terkait dengan fitur-fitur Mbizmarket berupa Mbiztravel yang bisa mengakomodir perjalanan dinas,” ungkap Pj Sekda Gowa.

Dari kegiatan ini diharapkan dapat terlaksananya peningkatan belanja melalui e-purchasing.

“Mbiztravel diharapkan dapat membantu pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dalam fleksibilitas akomodasi perjalanan dinas,” harap Abdul Karim Dania.

Sosialisasi ini menjadi upaya Pemerintah Kabupaten Gowa untuk melakukan peningkatan penggunaan produk dalam negeri melalui Tokodaring.

Sosialisasi yang dihadiri perwakilan SKPD, Puskesmas hingga kecamatan di Kabupaten Gowa ini menghadirkan langsung pemateri dari Mbizmarket yakni Account Manager Sulawesi Selatan, Ryan Arifin.(***)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis18 April 2024 17:56
Yuk Ikuti Fun Run PHRI Sulsel Berhadiah Umroh, Biaya Pendaftaran Rp175 Ribu
MAKASSAR – Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel menggelar Fun Run sepanjang 5,5 kilo meter 2024. Fun Run 2024 PHRI ini berlang...
News18 April 2024 17:28
Astra Motor Sulsel Ajak Masyarakat Pahami Fungsi Marka Jalan Agar #Cari_Aman Selama Berkendara
MAKASSAR – Marka jalan yang merupakan rambu-rambu lalu lintas berupa garis melintang, membujur, dan menyerong, memiliki peran penting di jalur l...
Ekonomi & Bisnis18 April 2024 11:29
Kalla Toyota Luncurkan Emergency Support di Aplikasi Kallafriends, Dapat Diakses Dimana Saja
MAKASSAR – Untuk memberi kemudahan kepada pelanggan dalam kondisi darurat, Kalla Toyota luncurkan emergency support di aplikasi Kallafriends. Me...
Pendidikan18 April 2024 10:50
Ide Gagasan paling Rasional, Ivan Kalalembang Didukung Sejumlah Angkatan 
MAKASSAR – Calon Ketua IKA SMA Negeri 8 Makassar (Smandel) Ivan Kalalembang telah mendapatkan dukungan sejumlah angkatan. Dengan demikian dipast...