Logo Lintasterkini

Termasuk Aktivitas Fisik Sehari-hari, 8 Rekomendasi Olahraga yang Cocok untuk Turunkan Kolesterol

Redaksi
Redaksi

Selasa, 27 Februari 2024 10:10

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

LintasTerkini.com – Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh banyak orang di seluruh dunia. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke jika tidak dikelola dengan baik.

Selain mengatur pola makan, olahraga teratur juga merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Berikut adalah beberapa rekomendasi olahraga yang cocok untuk membantu menurunkan kolesterol.

1. Berjalan Kaki atau Berlari
Berjalan kaki atau berlari adalah bentuk olahraga aerobik yang sederhana namun efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Melakukan aktivitas ini secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

2. Bersepeda
Bersepeda adalah olahraga yang menyenangkan dan dapat dilakukan oleh berbagai kalangan usia. Bersepeda secara teratur dapat membantu meningkatkan kondisi jantung dan pembuluh darah serta menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh.

3. Renang
Renang adalah olahraga yang melibatkan banyak otot tubuh dan minim dampak pada sendi. Aktivitas renang secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

4. Senam Aerobik
Senam aerobik merupakan latihan kardiovaskular yang melibatkan gerakan-gerakan yang energik dan teratur. Rutin melakukan senam aerobik dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung serta mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Latihan Kekuatan (Resistance Training)
Selain olahraga kardiovaskular, latihan kekuatan juga penting untuk kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol. Latihan kekuatan seperti angkat beban atau menggunakan alat latihan kekuatan dapat membantu meningkatkan massa otot dan metabolisme, yang berkontribusi pada penurunan kadar kolesterol.

6. Yoga
Yoga tidak hanya bermanfaat untuk keseimbangan mental dan fisik, tetapi juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Beberapa pose yoga tertentu dapat merangsang sistem peredaran darah dan meningkatkan metabolisme, yang berkontribusi pada penurunan kadar kolesterol.

7. Pilates
Pilates adalah latihan yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas, dan postur tubuh. Melakukan pilates secara teratur dapat membantu meningkatkan kekuatan otot inti, keseimbangan, dan fleksibilitas, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan jantung dan penurunan kadar kolesterol.

8. Aktivitas Fisik Sehari-hari
Selain olahraga formal, aktivitas fisik sehari-hari seperti membersihkan rumah, berkebun, atau menggunakan tangga daripada lift juga dapat membantu meningkatkan kebugaran secara keseluruhan dan mengendalikan kadar kolesterol.

Kesimpulan
Menjalani gaya hidup yang aktif dengan rutin berolahraga merupakan langkah penting dalam menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Namun, sebelum memulai program olahraga baru, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan terlebih dahulu, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada atau memiliki risiko kesehatan tertentu. Konsistensi dan kesabaran dalam menjalani program olahraga akan membantu Anda mencapai hasil yang diinginkan dalam menurunkan kadar kolesterol.

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis18 April 2024 17:56
Yuk Ikuti Fun Run PHRI Sulsel Berhadiah Umroh, Biaya Pendaftaran Rp175 Ribu
MAKASSAR – Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel menggelar Fun Run sepanjang 5,5 kilo meter 2024. Fun Run 2024 PHRI ini berlang...
News18 April 2024 17:28
Astra Motor Sulsel Ajak Masyarakat Pahami Fungsi Marka Jalan Agar #Cari_Aman Selama Berkendara
MAKASSAR – Marka jalan yang merupakan rambu-rambu lalu lintas berupa garis melintang, membujur, dan menyerong, memiliki peran penting di jalur l...
Ekonomi & Bisnis18 April 2024 11:29
Kalla Toyota Luncurkan Emergency Support di Aplikasi Kallafriends, Dapat Diakses Dimana Saja
MAKASSAR – Untuk memberi kemudahan kepada pelanggan dalam kondisi darurat, Kalla Toyota luncurkan emergency support di aplikasi Kallafriends. Me...
Pendidikan18 April 2024 10:50
Ide Gagasan paling Rasional, Ivan Kalalembang Didukung Sejumlah Angkatan 
MAKASSAR – Calon Ketua IKA SMA Negeri 8 Makassar (Smandel) Ivan Kalalembang telah mendapatkan dukungan sejumlah angkatan. Dengan demikian dipast...