Logo Lintasterkini

Sebanyak 101.906 Siswa Lolos PTN Jalur SNMPTN 2017

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Kamis, 27 April 2017 09:44

Pengumuman SNMPTN 2017.
Pengumuman SNMPTN 2017.

LINTASTERKINI.COM – Sebanyak 101.906 siswa SMA lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN, yang diumumkan pada Rabu, 26 April 2017. Nama peserta yang lulus diumumkan pukul 14.00 WIB melalui laman http://pengumuman.snmptn.ac.id dengan cara memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Intan Ahmad mengatakan bagi siswa yang kurang mampu, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah menyiapkan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

“Tahun ini kita menyiapkan 80 ribu bantuan biaya pendidikan Bidikmisi, baik untuk perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta,” kata Intan.

Intan Ahmad mengatakan bahwa tujuan penyelenggaraan SNMPTN adalah untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi siswa dengan nilai akademik baik untuk masuk perguruan tinggi negeri.

“Hasil prestasi siswa di sekolah jadi bahan pertimbangan kelulusan di SNMPTN, seluruh siswa Indonesia dapat berpartisipasi tanpa diskriminasi,” kata Intan.

Ketua Panitia Pusat SNMPTN dan SBMPTN 2017 Ravik Karsidi mengatakan status penerimaan peserta SNMPTN sebagai mahasiswa di PTN tujuan, ditentukan berdasarkan hasil verifikasi data akademik yaitu rapor dan portofolio asli serta menunjukkan ijazah atau surat keterangan tanda lulus (SKTL) asli kepada PTN tempat peserta SNMPTN diterima.

“Kehadiran pada saat registrasi atau daftar ulang pada 16 Mei 2017 menentukan proses verifikasi dan status penerimaan peserta SNMPTN sebagai mahasiswa PTN,” katanya.

Setelah peserta SNMPTN dinyatakan lolos verifikasi, maka status peserta SNMPTN ditetapkan diterima sebagai mahasiswa di PTN tujuan tersebut.

Bagi peserta SNMPTN yang merupakan peserta Bidikmisi, selain dilakukan verifikasi terhadap data akademik, PTN tujuan juga melakukan verifikasi data ekonomi dan atau kunjungan ke alamat tinggal orang tua peserta SNMPTN untuk menetapkan status penerimaan peserta SNMPTN sebagai mahasiswa.

Dia mengatakan syarat, ketentuan registrasi (daftar ulang) harus dilihat di laman PTN tujuan masing-masing. Dia meminta bagi siswa yang belum lulus SNMPTN untuk tidak berkecil hati karena masih bisa mengikuti SBMPTN.

“Bagi siswa yang belum diterima jangan berkecil hati, kami menyiapkan kuota pada SBMPTN yang akan diikuti 85 PTN,” kata Ravik.

Total daya tampung untuk SBMPTN adalah sebanyak 128.244 kursi, dengan rincian 63.685 kursi untuk ilmu sains teknologi dan 64.559 kursi untuk ilmu sosial humaniora. (Sumber : Antaranews.com)

 Komentar

 Terbaru

News30 September 2022 15:09
Serangan Hoaks Makin Masif, AMSI Gelar Training Prebunking di Manado
MANADO – Serangan hoaks selalu masih setiap menjelang Pemilihan Umum, khusus Pemilihan Presiden atau Pilpres. Mengantisipasi serangan Hoaks yan...
Kuliner30 September 2022 13:22
Kuliner Baru di Makassar, Warung Ayam Krispy Lemmak
MAKASSAR – Banyak cara untuk menikmati suasana hati dengan senang, salah satunya, bisa mencoba kuliner baru. Kuliner ini biasa di temui, namun m...
News30 September 2022 09:36
Inovasi Terbaru, Program Menu Hemat On The Go Meals GoFood
MAKASSAR – Layanan pesan-antar makanan online terkemuka di Asia Tenggara GoFood kembali menghadirkan inovasi terbaru bagi pelanggan melalui prog...
News30 September 2022 08:58
Pemilik Travel yang Fotonya Dipasang di Billboard Lapor Polisi
MAKASSAR – Pemasangan baliho dengan foto pemilik travel atau perusahaan penyelenggara perjalanan tur yang dicari konsumen di Makassar berbuntut ...