Logo Lintasterkini

Jenazah Kepala BIN Papua Tiba di Jakarta, Jokowi: Tangkap Anggota KKB

Budi S
Budi S

Selasa, 27 April 2021 04:53

Kepala BIN Daerah Papua Gugur Ditembak KKB (istimewa)
Kepala BIN Daerah Papua Gugur Ditembak KKB (istimewa)

JAKARTA – Jenazah Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya di Balai Komando Kopassus, Jakarta Timur, Senin petang (26/04/2021), untuk disemayamkan.

Kabinda Papua ini gugur usai insiden baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Beoga, Puncak, Papua, Minggu sore (25/04/2021).

Puluhan karangan bunga ucapan duka menyambut kedatangan almarhum Di Balai Komando Kopassus. Juga nampak Menkopolhukam, Mahfud MD di lokasi.

Sebelumnya, jenazah almarhum tiba di Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 17.30 WIB. Setiba di bandara, upacara penyambutan jenazah langsung digelar, dipimpin langsung Pangdam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Dudung Abdurrahman.

Hadir juga Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto. Setelah di semayamkan di Balai Komando Kopassus, jenazah selanjutnya akan di upacarakan di Krematorium Cibinong, Selasa (27/04/2021).

Kepergian tentara terbaik milik bangsa Indonesia ini tidak terlepas dari perhatian Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi turut berbelasungkawa. Menyampaikan dukacita yang sedalam-dalamnya.

“Atas nama rakyat, bangsa, dan negara saya menyampaikan rasa dukacita yang mendalam kepada keluarga dan yang ditinggalkan,” tutur dia dalam keterangan resminya di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/04/2021).

Dia pun mengajak kepada seluruh masyarkat untuk mendoakan almarhum.

“Mari kita mendoakan semoga arwah almarhum Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi atas dedikasi, pengabdian, serta pengorbanannya,” pintanya.

Atas pengabdiannya kepada negara, almarhum diberi penghargaan kenaikan pangkat. Menjadi Mayjen TNI.

Dalam kesempatan itu juga, Jokowi menginstruksikan kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk mengejar dan menangkap anggota KKB.

“Saya tegaskan, tidak ada tempat untuk kelompok-kelompok kriminal bersenjata di tanah papua mau pun di seluruh pelosok tanah air,” pungkasnya.

Hadir mendampingi Jokowi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Panglima TNI, Kapolri, dan Kepala BIN. (*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal20 Januari 2022 01:35
Klinik Kecantikan di Makassar Ini Sudah Palsukan 100 Lembar Hasil PCR
Ia ditahan setelah disangkakan dugaan pemalsuan hasil tes PCR COVID-19. Pelaku diamankan Polrestabes Makassar di klinik miliknya pada Jumat (14/1/2022...
News19 Januari 2022 21:04
Ditipu ASN Setor Dokumen Palsu Vaksinasi Lansia, Walikota Makassar Marah
Dijelaskan Danny, kelakuan sejumlah oknum ASN Makassar terungkap setelah pihaknya menemukan tak kesesuaian antara data yang diklaim ASN dan data di ap...
Hukum & Kriminal19 Januari 2022 19:21
Peredaran Narkoba Sulit Diberantas di Sulsel, Ternyata Oknum Polisinya Terlibat
Bukan hanya oknum polisi Bripka IS, petugas juga menangkap tersangka lain yakni SA (46), warga Kota Palopo. Penangkapan ini berdasarkan laporan polisi...
Bersama Melawan Covid-1919 Januari 2022 13:19
Disdik Makassar Sudah Siap Gelar Vaksin Untuk Anak Usia 6-11 Tahun
MAKASSAR – Vaksinasi untuj anak 6-11 tahun di Kota Makassar segera dimulai. Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar saat ini memerintahkan pihak seko...