Logo Lintasterkini

Kemendagri Luncurkan Aplikasi Online, Permudah Pemda Urus Mutasi Pejabat

Budi S
Budi S

Selasa, 27 April 2021 01:11

Wali Kota Makassar Ikuti Puncak Perayaan HUT Otda ke-25 via virtual, Senin (26/04/2021).
Wali Kota Makassar Ikuti Puncak Perayaan HUT Otda ke-25 via virtual, Senin (26/04/2021).

MAKASSAR – Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Otonomi Daerah (Otda) berlangsung serentak se-Indonesia via virtual, Senin (26/04/2021).

Di Makassar, perayaan HUT ini diikuti Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto bersama Forkopimda di War Room Kantor Balai Kota.

Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin dipercaya membuka perayaan puncak HUT Otda ke-25 ini.

Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin menekankan kepada seluruh jajaran pemerintahan untuk memperhatikan akurasi data terkait dengan penanganan covid-19, hingga soal permasalahan lainnya di masa seperti saat ini.

“Data itu harus akurat. Jadinya apa pun segala macam pendistribusian bisa cepat dan tepat,” tandasnya.

Ma’ruf Amin juga meminta kepada seluruh kepala daerah untuk menjadikan momentum perayaan HUT Otda ini sebagai persiapan menghadapi tantangan di masa akan datang.

Karena menurutnya, kebijaka Otda telah diatur. Memberi kewenangan kepada pemerintah daerah secara mandiri. Sehingga, diharap agar dapat mendekatkan layanan daya saing dalam pemberdayaan masyarakat.

“Kita melihat momentum peringatan Hari Otda ke-25 ini adalah kreativitas bagi semua kepala daerah. Ketika mereka berhasil keluar dari dampak sosial dan dampak ekonomi pandemi covid-19, di situlah kepala daerah yang hebat,” ucapnya.

Di kesempatan lain, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian meluncurkan aplikasi online. Diberi nama Sistem Informasi Mutasi Daerah (Simudah).

“Jadi yang mau mutasi tak usah repot-repot ke jakarta mengurus. Sekarang bisa jalur online semua sudah ada panduannya di dalam,” terang mantan Kapolri ini.

Mendengar inovasi Kemendagri itu, Danny Pomanto turut memberi apresiasi. Karena layanan itu dianggap sangat membantu pemerintah daerah. Dipermudah dalam mengusulkan rencana mutasi pejabat.

“Inovasi yang cukup menarik. Jadinya kita bisa menghemat uang perjalanan di alihkan ke rakyat,” ujarnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

News30 Juli 2021 22:12
Mobil Kemensos RI Tabrak Pesepeda di Makassar, Bupati Takalar yang Minta Maaf
MAKASSAR– Insiden tabrak lari yang dilakukan pengendara mobil Rescue Kemensos RI terhadap pesepeda di Jalan Nusantara Kota Makassar membuat Bupa...
News30 Juli 2021 21:55
Pengabdian 30 Tahun, Irjen Pol Merdisyam Berbagi 1000 Paket Bansos
MAKASSAR– Genap sudah 30 Tahun mengabdi, Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, Irjen Pol Merdisyam merayakan dengan menyerahkan bantuan s...
News30 Juli 2021 21:51
Tanggapi Kehadiran Kedai Studio Teh, Danny: Sangat Bagus, Lanjutkan!
MAKASSAR — Kehadiran Kedai Studio Teh mendapat dukungan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. Diharapkan bisa menghidupkan ekonomi masyarakat di t...
News30 Juli 2021 21:23
Polisi Kejar Pengemudi Randis yang Tabrak Pesepeda di Jalan Nusantara
AKBP Muhammad Kadarislam Kasim juga menjelaskan, hingga saat ini pelaku belum melaporkan diri sejak terjadinya insiden kecelakaan tersebut. "Sampai sa...