Logo Lintasterkini

Burn Out, Kenali Gejalanya dan Cara Mengatasinya

Redaksi
Redaksi

Senin, 27 Mei 2024 06:20

Ilustrasi.
Ilustrasi.

LintasTerkini.com – Burn out atau kelelahan kerja adalah kondisi yang ditandai dengan kelelahan fisik, emosional, dan mental akibat tekanan kerja yang berlebihan dan berkepanjangan.

Kondisi ini dapat berdampak buruk pada kinerja dan kesehatan secara keseluruhan. Mengenali gejala burn out dari sisi fisik dan mental sangat penting agar kita dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Gejala Fisik Burn Out

1. Kelelahan Kronis
Kelelahan yang tidak kunjung hilang meskipun sudah beristirahat cukup adalah salah satu tanda utama burn out. Seseorang merasa lelah sepanjang waktu, bahkan setelah bangun tidur.

2. Gangguan Tidur
Kesulitan tidur atau tidur yang tidak nyenyak adalah gejala umum lainnya. Orang yang mengalami burn out sering kali merasa gelisah saat tidur atau terbangun di tengah malam.

3. Sakit Kepala dan Migrain
Stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan sakit kepala atau migrain. Rasa sakit ini bisa menjadi lebih sering dan intens seiring waktu.

4. Masalah Pencernaan
Burn out juga dapat mempengaruhi sistem pencernaan, menyebabkan masalah seperti mual, diare, atau sakit perut.

5. Penurunan Imunitas
Tubuh yang terus-menerus dalam kondisi stres dapat mengalami penurunan imunitas, sehingga lebih rentan terhadap penyakit.

Gejala Mental Burn Out

1. Perasaan Terisolasi
Orang yang mengalami burn out cenderung menarik diri dari lingkungan sosialnya. Mereka merasa tidak ada yang mengerti atau mendukung mereka.

2. Kehilangan Motivasi
Kehilangan minat dan motivasi dalam pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari adalah tanda burn out yang signifikan. Apa yang dulu menyenangkan kini terasa membebani.

3. Kehilangan Fokus dan Konsentrasi
Sulit berkonsentrasi dan sering lupa adalah gejala mental dari burn out. Pekerjaan sederhana pun terasa sulit untuk diselesaikan.

4. Perasaan Tidak Berdaya dan Putus Asa
Rasa tidak berdaya, putus asa, dan tidak ada harapan merupakan ciri khas burn out. Seseorang merasa tidak ada yang bisa dilakukan untuk memperbaiki situasi.

5. Peningkatan Sikap Sinis atau Negatif
Individu yang mengalami burn out sering kali menjadi lebih sinis dan memiliki pandangan negatif terhadap pekerjaan dan orang di sekitarnya.

Mengatasi Burn Out
Mengatasi burn out memerlukan pendekatan yang komprehensif, melibatkan perubahan dalam gaya hidup, manajemen stres, dan dukungan sosial. Berikut beberapa langkah yang dapat diambil:

1. Istirahat yang Cukup
Memastikan tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting. Membuat rutinitas tidur yang teratur dapat membantu tubuh pulih.

2. Manajemen Waktu
Mengatur waktu dengan baik, termasuk mengambil jeda istirahat selama bekerja, dapat mencegah kelelahan yang berlebihan.

3. Aktivitas Fisik
Berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

4. Cari Dukungan
Berbicara dengan teman, keluarga, atau profesional seperti psikolog dapat memberikan perspektif baru dan dukungan emosional.

5. Relaksasi dan Hobi
Melakukan aktivitas yang menyenangkan dan relaksasi seperti meditasi, yoga, atau hobi lain dapat membantu mengurangi stres.

Burn out adalah kondisi serius yang dapat berdampak negatif pada kehidupan sehari-hari. Mengenali gejala fisik dan mentalnya adalah langkah pertama dalam mengatasi masalah ini. Dengan pendekatan yang tepat, kita dapat mengembalikan keseimbangan dan meningkatkan kualitas hidup.

 Komentar

 Terbaru

News25 Juni 2024 10:50
Gunakan KN Sar Kamajaya 104, Basarnas Berhasil Evakuasi Tiga POB Speedboat Free Dive yang Alami Mati Mesin
MAKASSAR – Tiga POB (Person On Board) Speedboat Free Dive berhasil dievakuasi oleh Tim Sar Gabungan menggunakan KN Sar Kamajaya 104 dan telah ti...
News25 Juni 2024 10:38
Iqbal Lubis Kembali Pimpin PFI Makassar
MAKASSAR – Presidium Sidang Musyawarah Daerah Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar ke-VI akhirnya menetapkan Iqbal Lubis dan Sanovra Junior den...
News25 Juni 2024 09:05
Tujuh Pejabat Eselon II Berebut Kursi Sekda Makassar
MAKASSAR – Tujuh pejabat eselon ll Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mendaftar mengikuti lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Makassar. Pani...
Gaya Hidup25 Juni 2024 08:15
8 Tanda Seseorang Memberi Harapan Palsu, Jangan Terjebak!
LintasTerkini.com – Pemberi harapan palsu, atau yang sering disingkat sebagai PHP, adalah istilah yang populer di kalangan masyarakat Indonesia ...