Logo Lintasterkini

Agar Tubuh Tetap Sehat, Ini Tips Dosen FKM UMI

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 27 Agustus 2017 14:01

Agar Tubuh Tetap Sehat, Ini Tips Dosen FKM UMI

MAKASSAR, – Kesehatan tubuh dambaan setiap manusia baik laki-laki maupun perempuan. Sakit, tentunya dihindari menyerang diri manusia.

Hidup sehat yang tepat merupakan cara untuk mencegah tubuh kita terpapar dengan berbagai macam penyakit. Sehat menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak hanya terbebas dari penyakit fisik, tetapi juga sehat secara mental atau psikis, sosial dan spiritual.

Dosen Pogram Studi Pendidikan Ners Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas MusIim Indonesia(FKM UMI) Sudarman, S.Kep.,Ns.,M.Kes membeberkan beberapa tipsnya agar tubuh tetap sehat baik dari aspek fisik, psikis, sosial dan spiritual.

Berikut beberapa tips yang dibeberkan Sudarman, S.Kep.,Ns.,M.Kes saat ditemui di ruangannya, Sabtu (26/8/2017).

1. Suplai makanan dan minuman yang sehat dan halal

Semua organ di dalam tubuh kita membutuhkan nutrisi sehat agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Setiap hari perlu mengkomsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran untuk mempermudah pencernaan. Minum air putih sekitar dua liter setiap harinya agar peredaran darah dalam tubuh lancar. Hindari mengkonsumsi alkohol, rokok dan obat-obatan terlarang karena berbahaya untuk tubuh.

2. Olahraga secara teratur minimal 30 menit setiap hari

Dengan olahraga, lemak dalam tubuh akan terbakar dan berat badan menjadi ideal atau bebas dari obesitas. Selain itu, olahraga juga mampu meningkatkan jumlah kadar oksigen dan nutrisi ke bagian sel sehingga kekuatan otot meningkat dan tubuh menjadi lebih bersemangat.

3. Istrahat dan tidur yang cukup

Salah satu faktor yang menyebabkan penyakit adalah selalu begadang dan aktivitas yang berlebihan. Manusia membutuhkan tidur sekitar 7-8 jam perhari agar kondisi tubuh menjadi normal dan lebih bergairah.

4. Selalu berfikir positif.

Kenapa ? karena banyak orang yang sakit fisik maupun psikis disebabkan oleh cara pikir yang salah. Berdasarkan hasil riset para ahli, telah ditemukan bahwa berfikir positif mampu menghindari dan menghilangkan rasa stress, dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia, meningkatkan kesehatan tubuh, dan menjadikan manusia menjadi pribadi yang tangguh.

5. Bersosialisasi dengan orang lain.

Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa jika menjaga hubungan interpersonal dengan orang lain dapat memperpanjang usia, mengurangi rasa depresi dan memunculkan perasaan bahagia.

6. Jaga kegiatan spiritual.

Spiritual yang sehat tercermin dari cara seseorang mengimpletasikan rasa syukur, menjalankan agama sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Mendekatkan diri dan menjaga hubungan yang baik kepada Tuhan YME berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Praktik keagaamaan dalam agama Islam yang sangat bermanfaat bagi kesehatan seperti shalat, berdzikir, berpuasa dan lainnya. Salah satu praktik keagamaan yang bermanfaat bagi kesehatan adalah shalat karena dapat memperlancar aliran darah ke otak. (*)

 Komentar

 Terbaru

TPP 19 OPD di Makassar Belum Cair, Termasuk Satpol PP, ini Alasannya
News26 Februari 2021 21:03
TPP 19 OPD di Makassar Belum Cair, Termasuk Satpol PP, ini Alasannya
Soal gaji ratusan pegawai kontrak lingkup Satpol PP, Rahmat menyebut, jika persediaan anggarannya sudah ada....
Arqam Azikin: DP Harus Evaluasi Kinerja dan Keuangan di Era Pj Wali Kota
News26 Februari 2021 19:04
Arqam Azikin: DP Harus Evaluasi Kinerja dan Keuangan di Era Pj Wali Kota
Selain itu, Arqam yang akrab disapa "Kaks" ini juga bilang, agar Danny-Fatma segera melakukan konsolidasi internal....
BPKA Makassar Harap Pejabat Kuasai Kendaraan Dinas Kooperatif
News26 Februari 2021 18:20
BPKA Makassar Harap Pejabat Kuasai Kendaraan Dinas Kooperatif
Dalam dua hari penertiban ini dilaksanakan, telah ditertibkan sebanyak 11 unit roda 4 (mobil)....
Danny Pomanto: Percepatan Kata Kunci Pembangunan
News26 Februari 2021 16:51
Danny Pomanto: Percepatan Kata Kunci Pembangunan
Dia lalu menegaskan akan segera memperbaiki tata kelola birokrasi untuk menciptakan pemerintahan yang bersih....