Logo Lintasterkini

MUI Minta Umat Islam Jangan Terpancing Peristiwa Pembakaran Mimbar Masjid Raya Makassar

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 27 September 2021 09:37

Petugas kepolisian sedang memeriksa mimbar khutbah Masjid Raya yang dibakar
Petugas kepolisian sedang memeriksa mimbar khutbah Masjid Raya yang dibakar

JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) angkat bicara terkait peristiwa pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar. MUI meminta agar umat Islam tidak terpancing peristiwa tersebut.

MUI meminta juga agar masyarakat menyerahkan kepada pihak berwajib untuk menangani masalah pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar. “Untuk itu, karena negara kita adalah negara hukum, maka MUI meminta agar umat islam tetap tenang, dan tidak terpancing serta tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum dan menyerahkan sepenuhnya urusan penyelesaian masalah ini kepada pihak kepolisian,” kata Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas, Minggu (26/9/2021) dikutip dari detikcom.

Lebih jauh sisampaikan, Anwar meminta pula agar penegak hukum serius menangani masalah ini. Karena, peristiwa ini berpengaruh terhadap kerukunan beragama.

“Tindakan pembakaran mihrab masjid yang dilakukan oleh pihak tertentu di Makassar baru-bar ini jelas merupakan tindak kekerasan dan perbuatan yang terkutuk, yang akan merusak suasana kehidupan sosial dan keagamaan di negeri ini,” katanya.

Anwar mengapresiasi polisi yang berhasil menangkap pelaku berinisial KB (22). Dia berharap, polisi bisa menyelidiki kasus ini hingga terang.

“MUI betul-betul berharap agar pihak kepolisian dan para penegak hukum lainnya bisa membongkar motif yang telah melatarbelakangi si pelaku yang telah melakukan tindakan yang tidak terpuji tersebut, yang telah menyulut keresahan, dan kemarahan di kalangan umat islam,” kata Anwar. (*)

 Komentar

 Terbaru

News16 Oktober 2021 20:42
Terkait Izin Royal Apartement, Komisi C DPRD Makassar RDP dan Lakukan Peninjauan
MAKASSAR– Sikapi aspirasi Aliansi Mahasiswa Peduli Rakyat (AMPR) pekan lalu, Komisi C DPRD Makassar menggelar rapat dengar pendapat (RDP), pada ...
News16 Oktober 2021 20:25
Kadis Kominfo Sulsel Dapat Kabar Ayahnya Meninggal Saat Bawakan Materi di AMSI Sulsel
Kabar duka datang dari Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan (Kominfo-SP Sulsel), Amson Pad...
Nasional16 Oktober 2021 16:26
Kabar Gembira! Pemerintah Bakal Beri Kado untuk Para PNS di Tahun 2022, Cek Disini
JAKARTA– Kabar gembira datang buat para Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pasalnya, tahun 2022 para aparatur negeri sipil bakal tetap mendapatkan boos...
News16 Oktober 2021 16:04
Di Tahun 2022, Bandara Selayar Rencana Dikembangkan Runway Jadi 2.400 Meter
SELAYAR– Bandara Udara H Aroeppala di Kabupaten Kepulauan Selayar direncanakan akan dikembangkan di tahun 2022 dengan penambahan runway. Penamba...