Logo Lintasterkini

Pelatihan Literasi Berita AMSI, Wali Kota Gorontalo Apresiasi

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 27 September 2022 18:56

Pelatihan Literasi Berita yang dilaksanakan AMSI di Gorontalo
Pelatihan Literasi Berita yang dilaksanakan AMSI di Gorontalo

GORONTALO – Wali Kota Gorontalo Marten Taha memberikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan Pelatihan Literasi Berita yang dilaksanakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI).

Hal ini karena sangat penting dan strategis agar bagaimana menangkal adanya berita-berita hoax.

“Sehingga melalui (kegiatan) AMSI itu dapat dicegah dan disaring semua informasi yang dibagikan ke berbagai pihak. Informasi (harus) benar, tepat, akurat, dan tidak mengandung disinformasi,” kata Marten ketika memberikan sambutan dalam Pelatihan Literasi Berita Untuk Publik Melawan Disinformasi/Misinformasi di Kota Gorontalo.

Acara pelatihan ini kerja sama AMSI Gorontalo dengan Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Diskominfo) Kota Gorontalo.

Kegiatan pelatihan itu, menurut Marten, sangat penting agar masyarakat juga bisa mendapatkan informasi, dan pengetahuan, sekaligus edukasi bagaimana memanfaatkan informasi di media sosial yang begitu banyak, dari berbagai sumber.

“Karena kita sulit menyaring atau memfilter berbagai informasi dari sumber yang ada,” ujarnya.

Melalui pelatihan itu seluruh komponen dan elemen masyarakat seperti tenaga pendidik, organisasi kemasyarakatan, mahasiswa dan yang bertugas dalam kehumasan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuannya.

“Terutama untuk dampak media sosial dan bagaimana pemahaman publik mengenai informasi dan sebagainya,” ujarnya.

Marten meminta agar para peserta mengikuti pelatihan itu dengan serius, untuk meningkatkan pengetahuan, memperbanyak keterampilan khususnya untuk generasi muda.

Meningkatkan pemahaman publik, untuk menangkal disinformasi, merupakan tujuan pelatihan tersebut.

Hal ini disampaikan Koordinator Wilayah AMSI Indonesia Timur, Upi Asmaradhana. Ia

mengajak publik dapat memilah-milah informasi yang diterima, agar dapat membedakan informasi yang benar dan hoax.

“Diharapkan para peserta setelah pelatihan ini dapat melakukan verifikasi, dan mencari sumber-sumber referensi yang beredar di masyarakat,” kata Upi.

Dengan begitu, para peserta atau publik dapat melawan informasi hoax sendiri, dari berbagai referensi.

“AMSI saya pikir punya kepedulian dan punya tanggung jawab dalam membantu masyarakat memberikan informasi yang kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

Terakhir ia juga berterima kasih kepada Pemerintah Kota Gorontalo yang telah memfasilitasi kegiatan pelatihan tersebut.

Ketua AMSI Gorontalo Verrianto Madjowa, mengatakan, kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 32 peserta, terdiri dari guru sekolah menengah atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mahasiswa, Humas lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Selain itu, Kantor Pusat Bahasa di Gorontalo dan Perpustakaan Gorontalo.

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari, 27 dan 28 September 2022, di Aula Rumah Jabatan Walikota Gorontalo.

“Selama dua hari itu, peserta akan diberikan materi oleh Tri Suharman. Ia memulai karir jurnalistik di koran lokal, Berita Makassar dan Palopo Pos, dari 2006 sampai 2008,” kata Verri.

“Pada tahun berikutnya di 2009 hingga 2016, ia bergabung pada koran, online, dan majalah TEMPO. Saat INI Tri Suharman menjadi Koordinator Liputan, lalu Produser News di Metro TV.”

Tidak hanya Tri Suharman, Verri juga menyampaikan, AMSI dan Diskominfo Kota Gorontalo juga menghadirkan Fritz Wongkar, yang saat ini bekerja di Media Online KabarMakassar.com, di bawah naungan PT. Kabar Grup Indonesia. Jabatannya sebagai Direktur dan juga menjadi Trainer Cek Fakta Google News Initiative (GNI). (*)

 Komentar

 Terbaru

News30 November 2022 14:31
Wakapolda Sulbar dan Forkopimda Sulbar Hadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022
MAMUJU – Wakapolda Sulbar Brigjen R Umar Faroq menghadiri pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022 bersama segenap Forkopimda Provinsi Sulawesi Bar...
News30 November 2022 14:08
Hati-hati, Pinjam ‘Bendera’ Perusahaan Ikut Tender Bisa Kena Pidana
MAKASSAR – Sebelumnya praktek pinjam ‘bendera’ untuk mengikuti proses tender proyek pemerintah pengadaan Barang dan Jasa milik pemer...
News30 November 2022 13:02
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Polda Sulbar Gelar Latihan
MAMUJU – Melatih kemahiran dalam hal menembak, menjadi hal yang perlu dimiliki setiap anggota kepolisian. Terlebih lagi hal tersebut bertujuan g...
News30 November 2022 12:30
Masyarakat Butuh “Vaksinasi” agar Tak Terjebak Hoaks Pemilu 2024
JAKARTA — Menjelang Pemilu 2024, hoaks politik semakin meningkat. Temuan Mafindo sejak Januari hingga September 2022 (1.290 hoaks), hoaks politik pa...