Logo Lintasterkini

Gubernur Sulbar Optimistis Iklim Investasi Kian Membaik

Muh Syukri
Muh Syukri

Sabtu, 27 Oktober 2012 07:55

Anwar Adnan Saleh
Anwar Adnan Saleh

Anwar Adnan Saleh

MAMUJU – Gubernur Sulawesi Barat, H Anwar Adnan Saleh, merasa optimistis pertumbuhan iklim invetasi didaerahnya kian membaik dalam rangka memacu percepatan pembangunan di provinsi itu.

“Usia provinsi Sulbar ini masih sangat belia namun ada hal yang harus disyukuri karena kita memiliki sejuta peluang investasi yang saat ini tengah dilirik para investor asing,” katanya di Mamuju, Jumat.

Menurutnya, potensi Sumber Daya Alam (SDA) di daerah ini cukup mendukung masuknya invetasi di daerah baik sektor tambang migas, mineral dan logam maupun sektor hasil-hasil pertanian maupun perkebunan yang tersebar luas di lima kabupaten.

“Saat ini minat invetasi dari tahun ke tahun terus bergerak naik dan bahkan di tahun ini diprediksi akan meningkat tajam dibanding kondisi tahun sebelumnya. Saat ini sudah ada beberapa perusahaan asing yang hendak berinvestasi dengan total dana tidak kurang dari Rp18 triliun,” ungkapnya.

Pihaknya belum bisa memberikan gambaran secara umum terkait perusahaan yang telah berencana melakukan investasi besar-besaran di Sulbar. Tapi yang jelas, beberapa negara Asia seperti China sudah menyatakan akan menanamkan modalnya di daerah ini.

Ia menyebutkan, hingga medio Agustus 2012 perkembangan Penanaman Modal Asing (PMA) di Sulbar telah mencapai Rp5,1 triliun.Perkembangan investasi di Sulbar tahun ini jelas akan meningkat dibanding 2011 yang hanya mencapai Rp6,5 triliun.

Membaiknya iklim investasi baik PMDN maupun PMA ini dipicu akibat pembangunan infrastruktur jalan nasional yang semakin membaik. Bukan hanya itu, termasuk optimalnya aktiivitas penerbangan di bandara Tampapadang Mamuju, memicu para pemodal semakin bergairah untuk melakukan investasi di provinsi terbungsu ini.

Karena itu jika rencana proyek pembangunan dermaga pelabuhan Belang-Belang tuntas maka provinsi yang dulunya tertinggal akan mampu sejajar dengan provinsi lainnya.

“Dukungan infrastruktur yang memadai tentu akan meningkatkan gairah para investor untuk menanamkan modal di Sulbar. Apalagi, daerah ini didukung sejuta potensi kekayaan yang luar biasa, baik dari sisi sektor pertambangan migas maupun tambang mineral lainnya,” ucap Anwar. (ant)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 23:05
Pembukaan Kalla Toyota Expo, Pengunjung Membeludak Ingin Melihat Rangga
MAKASSAR – Toyota Expo by Kalla Toyota resmi dibuka. Pameran otomotif kali ini hadir dengan tema Rangga, Ekspresikan Dirimu. Event kali ini akan...
Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 22:57
HUT ke-54 Astra Motor Manjakan Konsumen dengan Promo Menarik
JAKARTA – Astra Motor selaku Main Dealer motor Honda berikan berbagai promosi menarik bagi konsumen setia pada perayaan hari ulang tahun (HUT) k...
Hukum & Kriminal15 Juni 2024 22:53
Kelanjutan Kasus Dugaan Pencabulan Caleg Terpilih Di Pinrang Menunggu Hasil Gelar Perkara
PINRANG — kasus dugaan pencabulan yang menyeret KA, seorang Caleg Terpilih di Kabupaten Pinrang masih terus berlanjut dan didalami penyidik Unit...
News15 Juni 2024 20:04
Lebaran Iduladha, Dishub Makassar Siapkan Rekayasa Lalu Lintas dan Ratusan Personel
MAKASSAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar proaktif dalam persiapan personel dan rekayasa lalu lintas dalam menghadapi perayaan Lebaran...