Logo Lintasterkini

Kemenkes Gelar Workshop Persiapan Vaksinasi Covid-19 untuk Tenaga Medis

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Jumat, 27 November 2020 22:46

ilustrasi.
ilustrasi.

JAKARTA — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan menggelar Workshop Persiapan Vaksinasi COVID-19, Selasa lalu (24/11/2020). Workshop bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pemahaman dan keterampilan tenaga medis dan tenaga kesehatan terkait vaksinasi COVID-19.

Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan SDM Kesehatan dr. Mariya Mubarika mengatakan workshop tersebut penting dilakukan untuk mengantisipasi disinformasi soal vaksinasi COVID-19.

“Hal ini sangat penting mengantisipasi disinformasi yang selalu terjadi pada penanganan COVID-19 sejak awal. Hal tersebut menjauhkan dari tata laksana penanganan COVID-19 yang benar,” katanya.

Berdasarkan survey yang dilakukan Kemenkes RI, WHO, dan UNICEF pada 12 November 2020 dengan total responden 115 ribu mendapati sebagian besar (53%) masyarakat percaya kepada tenaga medis dan tenaga kesehatan dalam mendapatkan informasi terkait vaksinasi. Pada beberapa artikel jurnal internasional, lanjut dr. Mariya, ditemukan bahwa tenaga medis dan tenaga kesehatan memegang kunci keberhasilan pemberian vaksinasi COVID-19.

“Dalam workshop ini tenaga medis dan tenaga kesehatan diharapkan mampu menjadi juru bicara pemerintah dalam menyampaikan dan mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi pada waktunya nanti, dan mampu menangkal hoax yang selalu saja dipabrikasi untuk mengacaukan,” ucap dr. Mariya.

Pada kesempatan tersebut dr. Mariya menyampaikan arahan Menteri kesehatan RI dr Terawan Agus Putranto bahwa sejak awal terjadinya pneumonia misterius di Kota Wuhan yang kemudian merebak dan menjadi pandemi di seluruh dunia, Pemerintah RI tidak pernah main-main dalam mengatasi masalah ini. Keseriusan Pemerintah RI sampai dengan rencana pemberian vaksinasi sebagai upaya pengendalian pandemi dalam waktu dekat ini.

Indonesia terlibat aktif dalam usaha mendapatkan vaksin COVID-19 dengan masuk dalam solidarity trial bersama negara lainnya. Paralel dengan usaha-usaha penelitian penemuan Vaksin COVID-19, Kementerian Kesehatan telah bekerja mempersiapkan segala hal terkait pengadaan vaksin, distribusi, dan SDM yang melakukannya.

Menkes Terawan juga mengatakan, informasi bersifat dinamis, segenap tenaga medis dan tenaga kesehatan yang menjadi ujung tombak pelaksanaan dan komunikasi agar terus memperhatikan informasi yang berkembang melalui kanal resmi Kemenkes RI dan KPCPEN agar bisa menginformasikan ke lingkungan masing-masing. Saat ini Kemenkes RI mengeluarkan panduan melalui buku panduan (e-book): Buku Saku Pertanyaan Seputar Vaksinasi Covid-19.

Meskipun vaksinasi COVID-19 telah dilakukan, 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci tangan) tetap dilakukan. Juga untuk para tenaga medis dan tenaga kesehatan terus melakukan 3T (Tracing, Treatment dan Test). (*)

 Komentar

 Terbaru

Penyelundupan Sabu 171 Kg Asal Malaysia Dikendalikan dari Lapas
Hukum & Kriminal28 Januari 2021 02:51
Penyelundupan Sabu 171 Kg Asal Malaysia Dikendalikan dari Lapas
Daeng Sabil disebut sebagai pengendali barang haram itu. Yang merupakan narapidana....
Joe Biden Dorong Perdamaian Terkait Konflik Palestina – Israel
Internasional28 Januari 2021 02:23
Joe Biden Dorong Perdamaian Terkait Konflik Palestina – Israel
"Ini akan mencakup pemulihan bantuan kemanusiaan untuk Palestina yang ditangguhkan Trump, dan pembukaan kembali perwakilan Palestina di Washington yan...
Peduli Gempa Sulbar, Humanikom Unismuh Makassar Salurkan Bantuan
Citizen Report28 Januari 2021 01:35
Peduli Gempa Sulbar, Humanikom Unismuh Makassar Salurkan Bantuan
"Ada beberapa pengurus Humanikom yang berangkat diantaranya Kabid Humas, Andi Aswin Putra yang juga merupakan Koordinator dalam misi kemanusiaan kali ...
Bantu Korban Gempa Sulbar, ACT Layarkan Kapal Kemanusiaan
News28 Januari 2021 01:27
Bantu Korban Gempa Sulbar, ACT Layarkan Kapal Kemanusiaan
"Kami juga mengirimkan 1.000 ton dari pelabuhan Tanjung Perak, Jawa Timur dan cabang kami di DI Yogyakarta. Semua bantuan akan kami kirimkan ke lokasi...