Logo Lintasterkini

Tingkat Kebakaran Meningkat Drastis di Makassar, Damkar Catat 390 Kali Kejadian Sepanjang 2023

Redaksi
Redaksi

Rabu, 27 Desember 2023 08:10

(Foto: Pemkot Makassar)
(Foto: Pemkot Makassar)

MAKASSAR – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar memaparkan pencapaian kinerja program sepanjang 2023. Dalam upaya pencapaian visi-misi Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Dinas Damkar telah melaksanakan beberapa program penting perihal pencegahan bahaya kebakaran dan penyelamatan.

Kepala Dinas Damkar Makassar, Hasanuddin, mengatakan hingga akhir tahun ini pihaknya melakukan beberapa terobosan dalam hal pencegahan bahaya kebakaran. Berikut beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam kurun waktu 2023.

Pertama, pendistribusian damtor di 103 kelurahan untuk 15 kecamatan. Kedua, pendistribusian tabung apar dan fire blanket di Lorong Wisata. Ketiga, melaksanakan MoU dengan beberapa instansi terkait, salah satunya dengan TNI AU.

Keempat, menggelar pelaksanaan pengembangan SDM aparatur damkar dalam program diklat. Kelima, melaksanakan pengukuran indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan yang dilaksanakan.

Selain beberapa kegiatan disebutkan di atas, kegiatan rutin juga dilaksanakan berupa sosialisasi pencegahan bahaya kebakaran di beberapa titik wilayah di dalam kota.

Dinas Damkar mencatat tingkat kejadian kebakaran tahun ini mengalami kenaikan drastis yang dipengaruhi siklus El Nino dengan jumlah perbandingan pada 2022 sebesar 151 kali kejadian dan 2023 naik 390 kali kejadian per 21 Desember 2023.

Total aksi penyelamatan Dinas Damkar berjumlah 546 kali. Angka itu terdiri atas banyak kejadian, seperti penanganan terhadap gangguan binatang atau animal rescue, terhadap korban tenggelam maupun banjir, kecelakaan, dan penanganan lain-lain.

 Komentar

 Terbaru

News23 Oktober 2024 22:03
Pelayanan SIM di Makassar Semakin Baik, Kapolrestabes: Cepat dan Tidak Ribet
Pelayanan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kota Makassar semakin mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Hal ini tak lepas dari...
Peristiwa23 Oktober 2024 20:42
Lansia Meregang Nyawa Usai Kecelakaan di Jalan Talasalapang
Sebuah kecelakaan tragis menimpa seorang lansia terjadi di wilayah Polrestabes Makassar pada Rabu (23/10/2024). Kecelakaan yang melibatkan sepeda moto...
Hukum & Kriminal23 Oktober 2024 20:26
Pelaku Penganiayaan Tukang Parkir di Makassar Ditangkap di Enrekang
Seorang pelaku penganiayaan terhadap tukang parkir di Jalan Pendidikan, Makassar, berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian di Kabupaten Enrekang pada ...
Nasional23 Oktober 2024 20:04
Peringatan Pertama Sekkab Mayor Teddy kepada Para Menteri Melalui Grup WhatsApp
Belum cukup seminggu menjabat sebagai Sekretaris Kabinet (Sekkab), Mayor Teddy Indra Wijaya telah mengambil langkah berani dengan memberikan peringata...