Logo Lintasterkini

Waspadai Gejala Khas Covid-19 Jika Anda Kehilangan Indra Perasa

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Kamis, 28 Januari 2021 00:37

ilustrasi.
ilustrasi.

JAKARTA — Seseorang kemungkinan terinfeksi virus corona (Covid-19) jika mengalami beberapa gejala ini. Diantaranya mulai dari demam, batuk, sakit tenggorokan, hingga sesak napas.

Namun gejala itu masih bersifat umum. Untuk memastikannya apakah mengalami gejala Covid-19 atau hanya penyakit lainnya, perlu melakukan uji laboratorium lebih lanjut.

Gejala yang satu ini, jika seseorang merasakannya, maka ini dianggap merupakan ciri yang paling khas dari infeksi virus corona. Gejala yang khas ini yaitu dimana jika seseorang merasakan kehilangan kemampuan mencium dan perasa (anosmia).

Dikutip dari NDTV, penelitian menemukan bahwa kehilangan kemampuan mencium bau mungkin menjadi prediktor terbaik Covid-19 di antara pasien dengan gejala penyakit pernapasan. Dua studi internasional lainnya yang diterbitkan dalam jurnal Chemical Senses menunjukkan bahwa sering terjadi kondisi hilangnya kemampuan mencium bau pada pasien Covid-19 yang seringkali berlangsung dalam waktu lama.

Studi tersebut meneliti lebih dari 4.500 pasien yang terinfeksi virus Corona di seluruh dunia,.Studi tersebut menemukan bahwa hilangnya kemampuan indra penciuman rata-rata mempengaruhi penciuman hingga 79,7 persen.

“Ini menekankan betapa pentingnya mewaspadai gejala ini (hilangnya kemampuan indra perasa_red) yang mungkin satu-satunya gejala penyakit ini,” kata peneliti dari Aarhus University di Denmark, Alexander Wieck Fjaeldstad.

Ditambahkan Fjaeldstad, hilangnya kemampuan mencium itu sendiri menghilangkan kemampuan untuk merasakan aroma makanan, hilangnya kemampuan indra lain secara bersamaan membuat sulit untuk mengecap apa yang Anda makan. Oleh karena itu, memasukkan makanan ke dalam mulut dapat menjadi pengalaman yang jelas tidak menyenangkan.

“Hilangnya kemampuan penciuman pada pasien Covid-19, sangat erat kaitannya dengan bagaimana SARS-CoV-2 menginfeksi tubuh,” ujar Fjaeldstad. (*)

 Komentar

 Terbaru

Selain dari Anggu, KPK Sebut Nurdin Abdullah Terima Rp3,4 M dari Kontraktor Lain
Hukum & Kriminal28 Februari 2021 10:09
Selain dari Anggu, KPK Sebut Nurdin Abdullah Terima Rp3,4 M dari Kontraktor Lain
Pada akhir tahun 2020, NA menerima uang sebesar Rp200 juta....
Jadi Tahanan KPK, Nurdin Abdullah : Saya Ikhlas
Hukum & Kriminal28 Februari 2021 08:50
Jadi Tahanan KPK, Nurdin Abdullah : Saya Ikhlas
Nurdin sempat mengatakan bahwa dirinya tidak tahu apa-apa dalam kasus tersebut. "Saya tidak tau kalau staf saya lakukan transaksi," tambahnya....
KPK Ungkap Suap untuk Nurdin Abdullah dari Anggu Lewat Edy Rahmat
Hukum & Kriminal28 Februari 2021 08:37
KPK Ungkap Suap untuk Nurdin Abdullah dari Anggu Lewat Edy Rahmat
"AS (Anggu) telah lama kenal baik dengan NA (Nurdin Abdullah) berkeinginan mendapatkan beberapa proyek pekerjaan infrastruktur di Sulawesi Selatan TA ...
KPK Tetapkan Gubernur Sulsel Tersangka Kasus Suap
Hukum & Kriminal28 Februari 2021 02:39
KPK Tetapkan Gubernur Sulsel Tersangka Kasus Suap
Firli lalu bilang, KPK akan mengusut kasus dugaan korupsi lainnya atas informasi yang diterima dari masyarakat....