Logo Lintasterkini

Tersangka Baru Penyuap Nurdin Abdullah Bakal Terungkap, Agung Sucipto Ajukan JC

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Jumat, 28 Mei 2021 09:44

Tersangka Baru Penyuap Nurdin Abdullah Bakal Terungkap, Agung Sucipto Ajukan JC

MAKASSAR — Agung Sucipto, terdakwa penyuap Gubernur Sulsel nonaktif Nurdin Abdullah, bakal mengungkap pelaku lain dalam kasus yang menjeratnya.

Dia mengajukan justice collaborator (JC) pada sidang keduanya, di Pengadilan Negeri Makassar, Kamis (27/5/2021).

Kuasa Hukum Agung Sucipto, M Nursal mengatakan, pengajuan JC dilakukan karena Agung Sucipto bukan pelaku utama atas kasus suap proyek infrastruktur di Pemprov Sulsel.

Nursal mengungkapkan bahwa sejak awal penyidikan, Agung dianggap telah membantu proses penyidikan kasus.

“Sebenarnya sejak awal dari BAP penyidikan itu kita sudah mengungkap beberapa peristiwa yang memang Pak Agung-lah menjadi saksi kuncinya,” ujarnya.

Saat OTT KPK misalnya. Agung menyampaikan yang sebenarnya meski saat penangkapan KPK hanya mendapati uang sebesar Rp2 miliar.

“Kami menyampaikan bahwa sebenarnya bukan 2 miliar, ada 2,5 miliar sehingga penyidik kembali menyita uang Rp500 juta. Itu salah satu peristiwa yang diungkap, menurut kami Pak Agung-lah yang menjadi kunci dan orang yang paling awal mengungkapkan sehingga pengembangan kasus ini berjalan dengan baik,” bebernya.

Untuk mengungkap pelaku lain, Nursal telah meminta perlindungan kepada penegak hukum agar Agung nanti bebas memberikan keterangan.

“Bagaiamanapun dia butuh perlindungan hukum karena banyak dugaan pelaku yang mungkin akan disampaikan Pak Agung,” tuturnya.

Untuk menjadi JC, seorang tersangka atau terdakwa harus memiliki keinginan untuk bekerja sama dengan aparat penegak hukum, bukan karena dipaksa oleh pihak lain.(*)

 Komentar

 Terbaru

News27 Juli 2021 13:44
Makassar Target 5 Kelurahan 100 Persen Vaksinasi Setiap Hari
MAKASSAR — Pemkot Makassar menyusun konsep dalam menggenjot target vaksinasi. Sebab, hingga saat ini baru 33,98 persen masyarakat Makassar yang tela...
Nasional27 Juli 2021 12:45
Mendagri : Jika Kepala Daerah Turun Langsung salurkan Bansos, Masyarakat Jadi Lebih Tenang
"Daerah memiliki kapasitas untuk itu dan daerah memiliki tanggung jawab juga untuk itu, tidak hanya pemerintah pusat. Kenapa? Karena ada anggaran," uj...
Bersama Melawan Covid-1927 Juli 2021 12:03
Vaksinasi Lintas Agama Digelar Muhammadiyah dan Polda Sulsel
Vaksinasi ini menargetkan sebanyak 2.500 warga disuntik dan berdasarkan data dari pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, vaksinasi di Sulsel baru menca...
Hukum & Kriminal27 Juli 2021 11:26
Mengaku Digilir di Hotel, Wanita di Makassar Polisikan 2 Oknum Pegawai Bank BUMN
MAKASSAR– Sungguh malang nasib yang dialami seorang wanita berinisial N di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Wanita 22 tahun itu diduga ...