Logo Lintasterkini

Sudah 112 Pendaftar, Pasien Isolasi Apung Terpadu Mulai Berlabuh Besok

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Rabu, 28 Juli 2021 16:25

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan wakilnya, Fatmawati Rusdi meninjau lokasi berlabuh kapal isolasi apung, di Pelabuhan Makassar, Selasa (13/7/2021).
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan wakilnya, Fatmawati Rusdi meninjau lokasi berlabuh kapal isolasi apung, di Pelabuhan Makassar, Selasa (13/7/2021).

MAKASSAR — Pemkot Makassar mencatat sudah ada 112 pendaftar isolasi apung terpadu. Rencananya, sudah mulai menjalani perawatan pada Kamis (29/7/2021).

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, minat masyarakat untuk mengikuti program ini cukup besar. Hanya saja, tidak semua bisa diterima.

Ia menjelaskan, mereka yang ingin menjalani isolasi apung terpadu ini mesti melalui skrining terlebih dahulu. Puskesmas terdekat dari tempat tinggalnya yang akan melakukan pemeriksaan awal.

“Bukan hanya Covid-nya, tapi medical check up-nya. Supaya kita mempunyai data base terhadap kemungkinan komorbit yang masing-masing dialami pasien isoman,” ujarnya, Rabu (28/7/2021).

Danny—sapaan Moh Ramdhan Pomanto— mengungkapkan, jika seluruh persyaratan telah terpenuhi maka akan langsung diberi penanganan. Sehingga masyarakat yang terpapar Covid-19 bisa segera diputus.

“Saat ini sudah 112 pasien mendaftar. Yang mendaftar banyak pertanyaan yang belum kami jawab,” kata dia.

Pemkot Makassar saat ini juga masih terus mematangkan segala prosedur isolasi apung terpadu. Termasuk mengkaji apakah masyarakat yang tidak berdomisili di Kota Makassar bisa mengikuti program ini.

“Sudah selesai pematangan, teknisnya kekurangan itu, ada beberapa yang perlu disempurnakan, tapi hari ini selesai disempurnakan, saya kira bsok kita sudah siap menerima,” ungkap Danny.

Koordinasi dengan otoritas pelabuhan juga sudah dilakukan. Rencananya, para pasien perdana isolasi apung terpadu akan dilepas bersama dengan TNI Angkatan Laut.

“Hari ini kami akan keluarkan schedulenya, kapan kita akan naik dan kapan berlabuh. Karena saat ini masih sementara rapat, menyempurnakan teknis,” sambungnya.

Sementara, terkait logistik, Danny mengaku sudah menyiapkan segalanya. Bahkan ada enam kapal yang disiapkan.

“Misalnya untuk mengangkut logistik, laundry, maupun makanan dan minuman pasien juga sendiri,” pungkasnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

News20 September 2021 14:25
Kapolda Sulsel Tinjau Vaksinasi di SMAN 11 Makassar
Vaksinasi yang dilaksanakan ini berjalan dengan lancar dengan menargetnya sekira 1.600 vaksinasi kepada siswa gabungan dari beberapa sekolah. "Beberap...
Hukum & Kriminal20 September 2021 11:55
Hanya Gegara Korek, Oknum RT Aniaya Mahasiswa dan Sekretariatnya
Kanit Reskrim Polsek Rappocini, Iptu Ahmad Rizal mengatakan, kejadiannya berawal dari pelaku datang menemui korban meminta korek. Namun karena pada sa...
News20 September 2021 00:04
Perda Kepemudaan Lahirkan Pemuda yang Beriman
“Jadi tujuan perda ini, pemerintah ingin membentuk pemuda yang tangguh dengan katakteristik religius, berkreasi atau berinovasi,” jelas Budi Hastu...
News19 September 2021 22:18
Kebakaran di Jalan Haji Kalla 2 Makassar, Sejumlah IRT Sempat Histeris
Kebakaran terjadi di Jalan Haji Kalla 2, Campagayya Kelurahan Panaikang Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Minggu (19/9/2021) sekira pukul 19.13 wi...