Logo Lintasterkini

Realisasi Kredit Pembiayaan Perumahan di Sulsel Minim

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 28 September 2012 10:08

ilustrasi
ilustrasi

ilustrasi

MAKASSAR – Realisasi kredit pembiayaan perumahan di Sulsel masih minim, karena pengembang menganggap nilai jual rumah yang ditetapkan Kementerian Perumahan Rakyat sangat rendah.

“Nilai jual rumah yang ditetapkan pemerintah hanya Rp88 juta per unit, sementara pengembangan menginginkan harganya diatas Rp100 juta per unit,” kata Ketua Real Estate Indonesia (REI) Sulsel Raymon Arfandi di Makassar, Kamis (27/9/2012).

Dia mengatakan, harga jual pengembang yang diinginkan pengembang tersebut karena pertimbangan biaya operasional yang terus bertambah.

Akibatnya, lanjut dia, para pengembang lebih memilih memasarkan perumahan yang telah dibangun melalui kredit diluar Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), termasuk mengurangi pembangunan rumah tipe kecil atau Rumah Sangat Sederhana (RSS).

“Karena itu, jika Kemenpera menginginkan program FLPP di daerah berjalan efektif, maka harga jual rumah harus dinaikkan,” katanya.

Alasannya, jika harga jual rumah yang ditetapkan pemerintah Rp88 juta per unit, maka tidak ada pengembang yang bersedia membangun. Kondisi itu mempengaruhi rendahnya realisasi pembiayaan perumahan melalui FLPP dan juga berdampak pada tidak maksimalnya pemanfaatan sarana dan utilitas (PSU).

Terbukti hingga September 2012, diakui belum ada pengembang yang bersedia memanfaatkan likuiditas pembiayaan perumahan.

Sementara jika terbukti ada pengembang yang menggunakan fasilitas kedit lainnya, maka akan dikenakan sanksi finalti dengan bunga 7,25 persen per tahun.

“Kondisi itu membuat para pengembang menjadi dilematis dalam membangun perumahan, padahal disisi lain Kemenpera menggenjot pengembang untuk membangun,” katanya. (ant)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 23:05
Pembukaan Kalla Toyota Expo, Pengunjung Membeludak Ingin Melihat Rangga
MAKASSAR – Toyota Expo by Kalla Toyota resmi dibuka. Pameran otomotif kali ini hadir dengan tema Rangga, Ekspresikan Dirimu. Event kali ini akan...
Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 22:57
HUT ke-54 Astra Motor Manjakan Konsumen dengan Promo Menarik
JAKARTA – Astra Motor selaku Main Dealer motor Honda berikan berbagai promosi menarik bagi konsumen setia pada perayaan hari ulang tahun (HUT) k...
Hukum & Kriminal15 Juni 2024 22:53
Kelanjutan Kasus Dugaan Pencabulan Caleg Terpilih Di Pinrang Menunggu Hasil Gelar Perkara
PINRANG — kasus dugaan pencabulan yang menyeret KA, seorang Caleg Terpilih di Kabupaten Pinrang masih terus berlanjut dan didalami penyidik Unit...
News15 Juni 2024 20:04
Lebaran Iduladha, Dishub Makassar Siapkan Rekayasa Lalu Lintas dan Ratusan Personel
MAKASSAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar proaktif dalam persiapan personel dan rekayasa lalu lintas dalam menghadapi perayaan Lebaran...